Draft Pedoman Pasal 20 tentang Jual Rugi

Kondisi dunia usaha banyak diwarnai oleh perilaku usaha yang tidak sehat. Pelaku usaha cenderung memupuk insentif untuk mendapatkan kekuatan pasar dan memperoleh keleluasaan mengendalikan harga. Dalam menciptakan kekuatan pasar tersebut, pelaku usaha melakukan tindakan-tindakan yang merugikan pesaingnya, seperti melakukan pembatasan pasar (market restriction), membuat rintangan perdagangan (barrier to entry) masuk pasar, mengadakan kesepakatan kolusif (collusive agreements)
untuk mengatur harga, membatasi output, mengatur pasar, dan menjalankan praktek anti persaingan lainnya.
Salah satu bentuk perilaku anti persaingan yang menjadi perhatian dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat adalah melakukan jual rugi atau menetapkan harga yang sangat rendah dengan maksud untuk menyingkirkan atau mematikan usaha pesaingnya di pasar bersangkutan atau predatory pricing. Jual rugi adalah suatu strategi penetapan harga oleh pelaku usaha untuk menyingkirkan pesaingnya dari pasar bersangkutan dalam upaya mempertahankan posisinya sebagai monopolis atau dominan.
Dalam jangka pendek, jual rugi dapat menguntungkan karena konsumen menikmati harga barang atau jasa yang rendah. Namun dalam jangka panjang, setelah para pesaing tersingkir dari pasar, pelaku usaha predator akan kembali menaikkan harga barang atau jasa. Dengan demikian praktek jual rugi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat.
Agar para pelaku usaha mampu memperoleh penjelasan dan pemahaman yang lebih baik mengenai perilaku jual rugi atau menetapkan harga yang sangat rendah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 UU No. 5/1999 maka KPPU mengeluarkan Draft Pedoman Pasal 20 tentang Jual Rugi.
Agar draft pedoman pasal ini mampu mencakup kepentingan setiap pihak, KPPU membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memberikan saran dan masukan yang dapat dilayangkan melalui email kepada infokom@kppu.go.id. (RW)
Download Link