Audiensi dan Sosialisasi Pelaksanaan MoU dengan Polda Jatim

Menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dalam penanganan perkara dugaan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat antara KPPU-Polri yang dilakukan pada bulan Oktober 2010 oleh  Ketua KPPU Tresna P. Soemardi dan Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri, dan penandatanganan pelaksanaan nota kesepahaman (MoU) kerjasama dan koordinasi dalam penanganan perkara dugaan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat pada pada bulan Mei 2011 oleh Plt Sekretaris Jenderal KPPU, Mokhamad Syuhadhak dan Kabareskrim Irjen Pol. Ito Sumardi, pada tanggal 23 November 2012, bertempat di Hotel Bumi Surabaya, diadakan sosialisasi pelaksanaan nota kesepahaman dimaksud di wilayah kerja Polda Jawa Timur.
Dalam kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Polri yang dalam kesempatan ini diwakili oleh AKBP Martireni Narmadiana dan AKBP Yayan Sofyan dari Tindak Pidana Ekonomi Khusus Mabes Polri, serta Bpk. Verry Iskandar selaku Kepala Bagian Penyelidikan dari KPPU Pusat dibuka secara resmi dan dipimpin langsung oleh AKBP I Nyoman Komin dari Kabag Bin. Ops. Dirreskrimsus Polda Jatim.
Dalam presentasinya di hadapan jajaran Polda Jatim, dan perwakilan dari Sekretariat KPPU Pusat dan KPD Surabaya, para narasumber menyampaikan latar belakang serta tujuan mengapa diperlukan adanya nota kesepahaman antara KPPU dengan POLRI, ruang lingkup kerjasama (Pembinaan; Operasional; dan Tukar menukar informasi) dan prosedur teknis kerjasama antara KPPU-Polri yang disesuaikan dengan tugas dan kewenangan Kepolisian RI berdasarkan UU No 2 Tahun 2002.
Pada akhir kegiatan, Bpk. Dendy R. Sutrisno selaku Kepala KPD Surabaya menyampaikan informasi seputar kerjasama/komunikasi yang telah dilakukan antara KPD Surabaya dengan Polda Jatim, serta beberapa putusan di wilayah kerja KPD Surabaya yang meliputi Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT. (da)