Wujudkan Competition Environment di Daerah, KPPU Selenggarakan Workshop Persaingan Usaha

Yogyakarta (03/12) – Dalam rangka memfasilitasi mainstreaming competition policy and law into the overall public policy making process mulai dari pemerintah pusat hingga ke daerah, pada tanggal 3 Desember 2015, KPPU mengundang 7 (tujuh) Universitas, 7 (tujuh) provinsi dan 21 (dua puluh satu) pemerintah kabupaten kota serta daerah di sekitar Yogyakarta untuk ikut serta berpartisipasi memikirkan strategi bersama mewujudkan competition environment di daerah, sesuai dengan strategi nasional pemerintahan Jokowi – JK, membangun dari daerah.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua KPPU, Syarkawi Rauf, ini, membahas Persaingan Usaha di 2016 dan Persaingan Usaha 2016 di sektor pangan, serta menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya Hakim Agung, Syamsul Maarif, CSIS, Haryo Aswicahyono, dan INDEF, Didik J. Rachbini dan Enny Sri Hartati.
Dalam sambutannya, Syarkawi menegaskan komitmen KPPU untuk mendorong percepatan mainstreaming nilai-nilai persaingan usaha guna mencapai efisiensi yang berkeadilan, yang pada akhirnya dapat mewujudkan kemandirian ekonomi nasional.
Selanjutnya, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan workshop yang pada pokoknya membahas bagaimana para pejabat publik dapat menyusun kebijakan dalam perspektif persaingan usaha yang sehat dengan menggunakan competition checklist yang telah disusun oleh KPPU.
Melalui instrumen competition checklist ini, diharapkan mampu melahirkan kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah yang dapat memberikan insentif terciptanya fair competition environment.‎

Bagikan artikel ini