Aktivitas Bisnis Pasca Pandemi Covid-19

Aktivitas Bisnis Pasca Pandemi Covid-19

Jakarta (26/6) – Covid-19 tidak hanya menyangkut pada risiko kesehatan saja, tetapi lebih luas dari itu juga berisiko terhadap ekonomi dan bisnis bagi seluruh pelaku usaha. Menjawab kebimbangan tersebut, Anggota KPPU Chandra Setiawan yang menjadi pembicara dalam Webinar Series Re-Opening Business: Risk and Compliance of Competition Policy & Law – The Role of ICC mengajak para pelaku usaha yang terdampak Covid-19 dan berencana untuk membuka kembali usahanya, namun memiliki keraguan dalam bisnisnya agar “segera melakukan konsultasi ke KPPU,” tegasnya.

Webinar yang merupakan hasil kerja sama KPPU dengan President University ini turut dihadiri oleh Lamhot Henry Pasaribu, Akademisi dari President University. Disampaikan pula bahwa dibukanya kembali aktivitas bisnis pasca Covid-19 menghadirkan berbagai resiko aktivitas bisnis seperti penurunan permintaan konsumen, ketersediaan bahan baku yang belum kembali ke posisi normal, dan meningkatnya harga bahan baku serta biaya operasional tentu akan menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi oleh pelaku usaha. Kondisi ini butuh intervensi Pemerintah dalam penanggulangan risiko pada aktivitas ekonomi yang kembali dijalankan. Lalu bagaimana KPPU mengambil peran?

Terkait dengan intervensi pasar oleh Pemerintah, KPPU memberikan saran pertimbangan mengenai cara memastikan tingkat persaingan usaha yang fair dan menghindari distorsi pasar dengan memberikan pemahaman competition compliance dan meningkatkan advokasi persaingan. KPPU juga memastikan tidak terjadinya kerja sama antar pelaku usaha dalam menentukan harga yang justru semakin meningkatkan krisis, serta memastikan tidak terjadinya penetapan harga di lapangan, pasca Covid-19 berakhir.

Perusahaan dengan tata kelola yang baik, dapat terus beradaptasi dengan iklim ekonomi yang dapat berubah. Untuk menghindari keterlibatan praktik anti persaingan, maka kebijakan persaingan dan competition compliance dapat diimplementasikan guna efisiensi perusahaan yang akan membuka kembali bisnisnya.