Membumikan Budaya Persaingan di FEB UNRI Melalui Program Magang Merdeka

Membumikan Budaya Persaingan di FEB UNRI Melalui Program Magang Merdeka

Pekanbaru (1/9) – Kehadiran Kepala Kantor Wilayah I Ridho Pamungkas yang didampingi Kepala Bidang Penegakan Hukum Hardianto disambut dengan sangat antusias di lingkungan civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau. Kehadiran Kanwil I di FEB UNRI dalam rangka koordinasi dan silaturahmi dengan Universitas Riau bertempat di Kampus Bina Widya, Tampan Kota Pekanbaru.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan II FEB, Sekjur MGT, Kaprodi S2 MGT, Kajur AKT, Koordinator Kaprodi S1 AKT dan Dosen FEB UNRI.  Dalam sambutan pembuka Wakil Dekan III Dr. Denny Setiawan SE, MEc menyampaikan bahwa FEB UNRI sangat berterima kasih atas kehadiran Kakanwil I KPPU.

“Harus ada mitra strategis yang dapat menunjang program-program yang ada kampus, yang salah satunya adalah program magang merdeka. Program magang merdeka menjadi salah satu program dan kesempatan bagi mahasiswa belajar untuk mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Kegiatan magang merdeka yang akan dilaksanakan dengan KPPU akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan juga Dosen UNRI.”

Sambutan dan tanggapan positif juga disampaikan oleh Kaprodi S1 Ekonomi Pembangunan Rahmita B. Ningsih SE, M.Hum yang menyampaikan bahwa selama ini kami di UNRI tidak tahu keberadaan KPPU dan UU Nomor 5 Tahun 1999. “Kami di UNRI tidak begitu familiar dengan Hukum Persaingan Usaha, dan program magang yang akan dilaksanakan di KPPU akan menjadi salah satu pilihan yang baik dan peluang yang sangat baik bagi mahasiswa kami di FEB UNRI untuk memahami tugas dan fungsi KPPU dalam menegakkan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat di negara ini.

Sementara itu Ridho Pamungkas menyampaikan bahwa di kantor KPPU dan Kantor Wilayah program magang dapat dilaksanakan, peluang ini dapat diikuti oleh dosen dan mahasiswa, namun KPPU tidak dapat memberikan insentif kepada mahasiswa yang mengikuti program magang di KPPU. “Dengan magang di KPPU mahasiswa dapat membuka cakrawala berpikir dan menambah hardskill dan softkill dan bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang bersifat umum dan mahasiwa juga dapat berkontribusi dalam kajian atau penelitian yang sedang dilakukan oleh KPPU. UNRI dapat membantu KPPU untuk menjangkau isu-isu atau perkembangan ekonomi di daerah yang tidak terpantau oleh KPPU,” tambahnya.

Menutup kegiatan koordinasi, ke depan FEB UNRI dan KPPU akan membangun sinergi dengan menginisiasi kerja sama yang akan menjadi payung hukum bagi pelaksanaan kegiatan selanjutnya.