KPPU Sosialisasikan Persaingan Usaha dan Kemitraan dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Yogyakarta

KPPU Sosialisasikan Persaingan Usaha dan Kemitraan dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Yogyakarta

Yogyakarta (7/3) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyelenggarakan kegiatan Diskusi dan Sosialisasi Persaingan Usaha dan Kemitraan dalam Pengadaan Barang dan Jasa kepada asosiasi pelaku usaha sektor konstruksi di Kantor Wilayah VII Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan pada 7 Maret 2024 ini dibuka oleh Anggota KPPU Mohammad Reza, yang didampingi Direktur Advokasi Persaingan dan Kemitraan KPPU M. Zulfirmansyah dan Kepala Kantor Wilayah VII KPPU M. Hendry Setiawan.

Dalam sosialisasi yang dihadiri oleh 30 perwakilan asosiasi konstruksi di Yogyakarta ini, peserta diberikan pemaparan berkaitan dengan penjelasan tentang persaingan usaha dan kemitraan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 khususnya mengenai persekongkolan tender. Anggota KPPU Mohammad Reza dalam pembukaan menekankan kepada para peserta, bahwa terdapat banyak dampak negatif dalam persekongkolan tender bagi Ekonomi Indonesia. “Transparency International Indonesia (TII) menyampaikan bahwa 30-40% APBN dikorupsi, 70% di antaranya ada pada pengadaan barang dan jasa Pemerintah. Jadi melalui diskusi dan sosialisasi ini, kami harapkan asosiasi dapat turut bersaing secara sehat dalam pengadaan barang dan jasa,” tukasnya.

Lebih lanjut, Reza menjelaskan dampak negatif ini di antaranya adalah rendahnya kualitas barang dan jasa untuk publik, perangkat/peralatan pertahanan yang lemah, perlambatan pembangunan, penurunan penerimaan pajak, penurunan investasi, hutang negara yang meningkat, pengaruh kesehatan publik, pengaruh nilai budaya, serta ketidakpercayaan publik kepada Pemerintah. Diharapkan melalui kegiatan ini memberikan kesadaran bagi para pelaku usaha konstruksi di Yogyakarta untuk mengimplementasikan UU Persaingan Usaha dalam kegiatan usahanya.

Sebelumnya, KPPU juga melakukan pertemuan dengan Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo di Kantor Walikota Yogyakarta.