Guntur Saragih lahir dan besar di kota Tebing Tinggi Sumatera Utara. Putra Sulung dari dua bersaudara dan memiliki dua putri. Saat ini, berdomisili di BSD Serpong, Tangerang Selatan. Dalam perjalanan hidupnya menggeluti dunia bisnis dan ekonomi, baik sebagai praktisi di perusahaan, akademisi, dan tentunya sebagai pengawas di KPPU.

Selama berkarir di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI), tugas mengajar untuk beberapa antara lain Bisnis dan Ekonomi Indonesia, Manajemen Distribusi, Product dan Pricing. Dalam hal penelitian dan advokasi aktif dalam lembaga terkait bisnis dan ekonomi seperti di UKM Centre FE-UI sejak tahun 2009. Aktifitas mengajar juga dilakukan di Magister Management School of Business Kusumanegara untuk mata kuliah Ekonomi Menejerial sejak tahun 2010.

Pendidikan formal yang terkait dengan persaingan usaha diantaranya di Tokyo oleh JFTC (Japan Fair Trade Commission) di Tokyo Jepang. Selain itu pernah mengikuti program Micro Economic on Competition, kerja sama Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Harvard University.

Dalam hal praktisi Guntur Saragih sebagai trainer dibawah Brainware Management. Bergerak dalam bidang pengembangan organisasi dan bisnis dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi melalui pengembangan sumberdaya manusia. Training dilakukan baik untuk perusahaan BUMN maupun Swasta Nasional. Pengalaman bekerja di perusahaan nasional maupun multi nasional, antara lain PT Lativi Media Karya dan PT Unilever Indonesia.

Bersama KPPU bertekad mewujudkan cita-cita demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.