Guntur yang merupakan putera daerah kelahiran Tebing Tinggi, Sumatera Utara ini sebelum menjabat sebagai Komisioner KPPU periode 2018 – 2023 memiliki karir di dunia media yaitu PT Lativi (TV One), perusahaan multi nasional PT Unilever Indonesia, Tbk serta pengalaman yang paling menonjol yaitu di dunia pendidikan. Beliau merupakan Wakil Ketua KPPU terpilih untuk periode 2020 – 2023.

Pengalamannya sebagai akademisi telah digeluti sejak 2007, diantaranya mengajar mata kuliah Organizational Industrial, Bisnis Ekonomi Indonesia, Koperasi, hingga subyek Ekonomi Manajerial pada Magister Manajemen Kusuma Negara. Selain itu, Beliau juga rutin memberikan pelatihan dalam bidang bisnis baik untuk BUMN maupun perusahaan swasta.

Pria yang juga pernah aktif di lembaga UKM centre FEB UI ini telah beberapa kali bergabung untuk mengikuti kegiatan berskala internasional, seperti workshop Japan Fair Trade Commission (otoritas persaingan usaha di Jepang), hingga Top Level Meeting Lembaga Pengawas Persaingan Usaha se-Asia Pasifik di Sydney, Australia.

Pengabdiannya di KPPU saat ini merupakan perwujudan atas aplikasi di bidang keilmuan ekonomi dan bisnis yang menjadi fokus dan konsentrasinya. Bahkan Beliau memiliki motivasi terbesar agar KPPU dapat memberikan dampak besar dalam perekonomian nasional karena eksistensi lembaga pengawas persaingan usaha merupakan hal yang sangat penting dalam sistem perekonomian terutama di Indonesia.