Kurnia Toha saat ini terpilih menjadi Ketua KPPU untuk periode 2018-2020, Pakar dalam bidang Hukum ini menyelesaikan program Masternya di University of Washington pada tahun 1998, selang beberapa tahun Kurnia melanjutkan studinya kembali dalam bidang Hukum di universitas yang sama di Amerika Serikat tersebut hingga meraih gelar Doktor pada tahun 2007.

Bachelor of Law dari Universitas Indonesia ini sudah lama berkiprah dalam perkembangan bidang hukum terutama dalam bidang persaingan usaha. Beliau sudah aktif mengajar sebagai dosen di Universitas Indonesia sejak tahun 1987, di Universitas of Al Azhar Indonesia sejak 2014, pernah pula mengajar di Departemen Kehakiman, PTHM dan Universitas Atmajaya.

Ketua Kuliah Kerja Nyata (K2N) Universitas Indonesia, Ketua Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Ketua Lembaga Kajian Persaingan dan Kebijakan Usaha Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Segudang pengalaman pernah diraih, Kurnia menjabat sebagai Ketua Tim kajian akademis amandemen UU No. 5 Tahun 1999, Sekretaris dalam Tim Penyusunan UU No. 2 Tahun 2012, Ketua Tim Penyiapan Draft RUU Pengesahan Tanah untuk Kepentingan Umum Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan Asian Development Bank. Pada tahun 2010, Kurnia sempat menjabat sebagai Ketua Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional (TIRBN). Sebelum menjabat sebagai Anggota KPPU, pria yang akrab di sapa Bang Kurnia oleh rekan sejawatnya ini pernah menempati posisi sebagai Kepala Pusat Hukum dan Humas Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN).