Ketua KPPU Blusukan ke Rumah Jagal

KPPU.go.id – Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M. Syarkawi Rauf dan Wakil Ketua KPPU R. Kurnia Sya’ranie blusukan ke Rumah Potong Hewa (RPH) di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat (11/8/2015). KPPU mencoba memastikan bahwa pasokan daging yang saat ini menjadi masalah juga terjadi di RPH.
Kunjungan ini sendiri merupakan bagian dari kerja pengawasan yang saat ini sedang dilakukan tim KPPU terhadap kenaikan harga daging sapi. Dugaan sementara penyebab kelangkaan daging sapi ini adalah karena permainan kartel.
“Sekarang ini KPPU akan melengkapi data dulu, sesuaikan dengan kewenangan kita. Kita juga mau melakukan kerja-kerja advokasi bahwa pemerintah memiliki andil kenapa terjadi kelangkaan sapi seperti sekarang ini, dan tentu ini soal kebijakan,’ ujar Syarkawi saat blusukan ke RPH semalam.
Syarkawi mengatakan, kunjungannya di malam hari ini adalah untuk mendengarkan langsung keluhan pengelola RPH tentang bagaimana fenomena kelangkaan daging sapi. Nantinya, temuan-temuan di lapangan ini akan KPPU jadikan pertimbangan untuk mendesak pemerintah agar kebutuhan impor daging sapi ini bisa dikaji lebih dalam lagi.
“Tidak hanya mendesak pemerintah, KPPU juga akan panggil semua feedloter sampai dengan RPH. Jika nanti ditemukan kartel, tentu KPPU akan lakukan tindakan hukum sesuai UU No. 5 Tahun 1999. Jelas, kita akan berusaha perkuat data dan bukti soal dugaan kartel daging sapi ini,” tegas Syarkawi.
Sementara itu, pengelola RPH Semanan Almunir Mukhtar mengutarakan bahwa sudah seharusnya pemerintah juga memperhatikan rumah-rumah pemotongan hewan. Dirinya berharap agar RPH yang ia kelola juga mendapat jatah pasokan sapi potong.
“Saya berharap KPPU juga bisa membantu keadaan menjepit yang terjadi di RPH sekarang ini. Bulog juga saya harap bisa aktif memberikan tawaran ke kami,’ harap Almunir.