Sosialisasi Persaingan Usaha di Kabupaten Berau

Dalam rangka mewujudkan persaingan sehat dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintahaan merupakan salah satu faktor penentu suksesnya pembangunan ekonomi daerah. Sebagai bagian kegiatan advokasi KPPU, KPD Balikpapan telah menyelenggarakan kegiatan seminar persaingan usaha dan diskusi di Hotel Bumi Segah Berau pada hari kamis, 23 Juni 2011 dengan tema “Prespektif Persaingan Usaha Yang Sehat Dalam Pengadaan Barang dan Jasa” di Kabupaten Berau dengan sasaran daerah Kabupaten Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung dan Kota Tarakan.

Hal ini dilakukan dalam rangka mensosialisasikan UU No. 5/1999 khususnya Pasal 22 tentang Persekongkolan dan Perkom No. 1 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penangan Perkara di wilayah kerja KPD Balikpapan kepada para stakeholder KPPU di 6 (enam) kabupaten tersebut. Jumlah audiens yang hadir sebanyak 125 (seratus dua puluh lima) peserta terdiri dari Perwakilan Sekretaris Daerah, Kepala Dinas dan Staf dari Satuan Perangkat Kerja dan Unit Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Daerah Kabupaten Berau, Bulungan, Nunukan, Malinau, Tana Tidung dan Kota Tarakan.

Selain itu, juga hadir dari Akademisi, Media Massa dan Asosiasi Pelaku Usaha seperti Kadin, Gapensi dan Gapeknas di tiap-tiap Daerah tersebut dan Internal KPPU.

Kegiatan seminar tersebut diawali dengan sambutan dari Anggota Komisioner KPPU, Bapak Dr. H. Yoyo Arifardhani, SH,. LLM sekaligus membuka acara. Beliau menyampaikan gambaran secara umum tentang KPPU, kewenangan KPPU serta fungsi dan tugasnya berdasarkan UU No. 5 tahun 1999. Beliau juga menyampaikan perkembangan penanganan Perkara di KPPU lebih didominasi oleh pengadaan barang dan jasa baik dilingkungan Pemerintah, BUMN, BUMD maupun swasta. Setelah memberi sambutanya, Bapak Yoyo Arifardhani membuka secara resmi kegiatan seminar tersebut dan dilanjutkan dengan presentasi oleh Pemateri Internal KPPU yaitu Bapak Gopprera Pangabean dan dilanjutkan dengan diskusi terbatas yang dipandu oleh Kepala KPD Balikpapan Bapak Anang Triyono selaku Moderator. (aidil)