Jurnalisme Investigasi: Modal Penting untuk Investigator

Konon, investigasi itu seperti candu. Sebagian orang lebih suka langsung mempraktikkannya daripada berlama-lama membicarakan teorinya. Pelatihan yang diselenggarakan KPPU ini tak hanya membahas definisi ”jurnalisme investigasi”, melainkan langsung mengupas tuntas teknik-teknik membuat liputan investigasi: bagaimana menyamar atau memburu narasumber kasus-kasus berat serta trik apa yang bisa digunakan untuk melakukan pendekatan dalam proses penyelidikan suatu perkara.
Sehingga, dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman investigator Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengenai teknik jurnalisme investigasi, KPPU menyelenggarakan acara yang bertajuk “Pelatihan Jurnalistik Investigasi”. Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 23 November 2011, bertempat di ruang audiovisual KPPU, Jakarta Pusat.
Pelatihan diikuti oleh para investigator dan staf Biro Investigasi KPPU, serta menghadirkan Bapak Ahmad Kurnia Soeriawidjaja selaku Pengajar Sekolah Jurnalistik Indonesia dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sebagai narasumber. Dalam pelatihan ini disampaikan 2 materi mengenai proses dan langkah dalam melakukan investigasi, dan pendekatan jurnalisme dalam membongkar praktek persaingan tidak sehat. (MB)