KPPU-MUI Sepakati Kerja Sama

KPPU-MUI Sepakati Kerja Sama

Jakarta (22/6) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) jalin kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman, Selasa. Nota kesepahaman ditandatangani langsung oleh Ketua KPPU Kodrat Wibowo dan Ketua Umum MUI K.H. Miftachul Akhyar. Penandatanganan yang juga dihadiri oleh Anggota KPPU Afif Hasbullah dan Sekretaris Jenderal KPPU Charles Pandji Dewanto ini memiliki ruang lingkup kerja sama internalisasi persaingan usaha dan pengawasan kemitraan dalam perekonomian syariah.

Dalam sambutannya, Kodrat menyampaikan bahwa implementasi pelaksanaan kerja sama ini ke depannya, KPPU mengharapkan dukungan MUI dalam meningkatkan efektivitas pencegahan dan penegakan hukum persaingan usaha serta dalam melakukan internalisasi nilai-nilai persaingan usaha yang sehat khususnya di sektor keuangan syariah, baik melalui pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan advokasi, pertukaran data dan informasi, maupun pelaksanaan penelitian persaingan usaha atau pengawasan kemitraan terkait ekonomi syariah. “Besar harapan saya, pertemuan kita hari ini hanyalah awal dari banyak pertemuan kita di masa depan. Tentunya saya akan mendorong kepada unit-unit yang relevan di KPPU untuk mengimplementasikan Nota Kesepahaman yang kita tanda tangani hari ini, sehingga kerja sama kita akan memberikan hasil yang nyata,” ungkapnya.

Miftachul menyambut baik pelaksanaan perjanjian kerja sama ini dan berharap implementasi kerja sama antara MUI dan KPPU ke depannya dapat bermanfaat untuk seluruh umat.