Kanwil IV KPPU Advokasi Peternak Ayam di NTB

Kanwil IV KPPU Advokasi Peternak Ayam di NTB

Mataram (26/10) – Kepala Kanwil IV KPPU Dendy R. Sutrisno dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Khairul Akbar menerima puluhan peternak ayam boiler atau ayam ras pedaging asal Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat mengeluhkan beberapa masalah yang dihadapi di lapangan. Terutama masalah bibit ayam yang tidak memenuhi standar nasional.

Dalam pertemuan ini Kepala Kanwil IV KPPU menyampaikan bahwa Kanwil IV KPPU sudah tergabung dalam Satuan Tugas Kemitraan Perunggasan yang telah dibentuk oleh Provinsi NTB. “KPPU telah menjalankan amanah UU No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM yang memberi amanah kepada KPPU untuk mengawasi kemitraan, termasuk intiplasma dalam perunggasan, oleh karena itu KPPU turut aktif menjadi bagian dari satgas kemitraan di NTB, jadi saya harapkan apabila peternakan menemukan masalah terkait penyalahgunaan yang dilakukan pelaku usaha inti dapat melaporkan ke KPPU,” ungkap Dendy.

Senada dengan Dendy, Khairul juga mengapresiasi kehadiran KPPU di NTB dan cepat tanggap terhadap permasalahan kemitraan perunggasan di NTB. “Respon KPPU sangat baik untuk pengawasan kemitraan di NTB, saya harapkan para peternak dapat menyampaikan keluh kesah bila ada abuse yang dilakukan perusahaan inti,” jelas Khairul.