KPPU Ikut Hadir dalam Rakor Percepatan NLE

KPPU Ikut Hadir dalam Rakor Percepatan NLE

Jakarta (14/2) – KPPU ikut hadir dalam rapat koordinasi (rakor) Update Implemetasi Percepatan National Logistic Ecosytem (NLE) di Seluruh Pelabuhan dan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Tahun 2022 yang diselenggarakan daring. Ketua KPPU Ukay Karyadi turut berpartisipasi aktif pada rakor yang dipimpin oleh Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan para perwakilan dari instansi terkait lain.

Urgensi pelaksanaan rakor ini adalah penataan kepelabuhanan sebagai salah satu upaya untuk menurunkan biaya logistik nasional dari 23,5% menjadi 17%. Guna mempercepat implementasi Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Nasional, Luhut menyampaikan update perkembangan NLE atau Ekosistem Logistik nasional bersama berbagai Kementerian/Lembaga termasuk KPPU.

Ukay merespon dengan KPPU akan turut andil menjaga agar tidak ada monopoli dan pelanggaran persaingan usaha yang terjadi, “sesuai instruksi Pemerintah, KPPU akan melihat potensi pelanggaran di sini,” katanya.