DPR RI Dukung Upaya KPPU dalam Pengawasan Kemitraan

DPR RI Dukung Upaya KPPU dalam Pengawasan Kemitraan

Bogor (29/8) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan sosialisasi bersama DPR RI untuk para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sosialiasasi yang bertemakan “Peran KPPU dalam pengawasan kemitraan usaha besar dengan UMKM” ini dihadiri oleh Komisioner KPPU Kurnia Toha, Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin, dan Kepala Kantor Wilayah III KPPU Lina Rosmiati, serta Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor Hasan Haikal Thalib.

Dalam sosialisasi, Elly menyampaikan dukungan DPR RI kepada KPPU. Dia juga menyatakan bahwa Peran UMKM sangat besar dalam kondisi ekonomi Indonesia. Harapan Elly kepada pelaku UMKM di Kabupaten Bogor dapat mengikuti trend saat ini dengan manajemen UMKM secara digitalisasi.

Di sisi lain, Kurnia menegaskan bahwa prinsip dari kemitraan UMKM harus setara, pelaku usaha sudah harus saling mempercayai, memerlukan, memperkuat, dan menguntungkan, “jika tidak ada percaya dan menguntungkan maka pelaku usaha besar ini melanggar prinsip kemitraan ini,” kata Kurnia.

Lina dalam pemaparannya juga memberikan imbauan agar pelaku usaha UMKM dapat dengan cermat dalam melakukan perjanjian dengan pelaku usaha besar. “Kemitraan ini jika dihantam keras pada perusahaan inti, takut berdampak pada plasmanya KPPU sangat hati-hati, putusannya adalah untuk memperbaiki dari perjanjiannya dan perilaku dari perusahaan besarnya,” tutup Lina.