KPPU dan DPR RI Dorong UMKM di Bali Bangkit

KPPU dan DPR RI Dorong UMKM di Bali Bangkit

Denpasar (30/9) – KPPU berkolaborasi dengan anggota DPR RI I Nyoman Parta melakukan sosialisasi dengan tema “Menciptakan Iklim Persaingan Usaha Sehat dan Menjalin Kemitraan Antar Pelaku Usaha dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi”. Dalam kegiatan ini, KPPU hadir dengan “Full-team” dengan diwakili oleh Ketua KPPU Afif Hasbullah, Komisioner KPPU Harry Agustanto, Sekjen KPPU Charles Panji Dewanto, dan Kepala Kanwil IV KPPU Dendy R. Sutrisno.

Parta  menyampaikan bahwa sebagai negara yang kaya akan sumber daya energi dan pangan, Indonesia harus memenangkan persaingan usaha yang ketat pada tingkatan global, namun hal ini perlu dukungan dari pemerintah untuk berfokus pada peningkatan kualitas SDM.

“Persaingan ke depan itu akan ada di sektor energi dan pangan, kita punya semua, tapi kalau SDMnya belum cukup kualitas. Untuk itu, maka pengelolaannya akan kurang maksimal sehingga pemerintah perlu fokus pada hal ini,” terang Nyoman Parta.

Dalam kegiatan ini, Ketua KPPU Afif Hasbullah menyampaikan sangat senang bisa hadir di Bali dan menerima aspirasi dari pelaku usaha, sehingga kedepan berbagai kolaborasi juga terbuka lebar.

“Diskusi hari ini sangat baik, sehingga banyak masukan dan kendala pelaku usaha di lapangan dapat kami jadikan dasar untuk diperjuangkan bersama,” jelas Afif.

Selain itu, sebagai bagian dari upaya advokasi, KPPU telah bersinergi dengan pemerintah untuk mendorong semua sektor usaha kembali bangkit, termasuk pelaku UMKM. “KPPU berharap penguatan ekonomi lokal Bali dalam perspektif persaingan usaha dan kemitraan yang sehat terus ditingkatkan dan pemerintah sebagai regulator dapat memberikan regulasi yang mampu mendorong upaya pelaku usaha untuk bangkit,” tambah Afif.