AEGC Capacity Building Workshop: “Coordination on Cross-border Issues on Competition; Opportunities and Challenges”

Pada hari Selasa dan Rabu, 20-21 September 2011, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bekerjasama dengan AEGC (Asean Expert Group on Competition), GIZ (Deutsche Geselischaft fur Internationale Zusammerbeit) dan Federal Foreign Office menyelenggarakan AEGC Capacity Building Workshop “Coordination on Cross-border Issues on Competition; Opportunities and Challenges” yang bertempat di Hotel Gran Mahakam, Jakarta.
Acara yang berlangsung selama 2 hari ini diikuti oleh negara-negara ASEAN dengan menghadirkan pembicara dari ASEAN Secretariat, DIW Econ, International Policy Expert, OECD, Mercosur, EU (DG Competition), Japan Fair Trade Commission (JFTC). Disamping itu, dalam workshop ini juga dipresentasikan pandangan dan pengalaman dari lembaga persaingan di ASEAN diantaranya adalah KPPU, Vietnam Competition Authority (VCA), dan Competition Commission Singapore (CCS).
Acara dimulai dengan sambutan dari ketua AEGC yang juga ketua KPPU, Nawir Messi. Dalam sambutannya Ketua KPPU berharap bahwa workshop ini akan memberikan hasil yang bermanfaat, tidak hanya untuk memperkuat kerjasama yang telah ada tetapi juga menjaga stabilitas dan perdamaian di wilayah ASEAN.
Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman mengenai peluang dan tantangan untuk mengkoordinasikan cross-border competition issues dan model-model rancangan untuk kerjasama atau cross border coordination di dalam hukum dan kebijakan persaingan (CPL).
Bagian awal dari workshop difokuskan pada kebutuhan, cakupan, dan tantangan cross-border coordination hukum dan kebijakan persaingan (CPL) serta studi kasus dari blok-blok perdagangan wilayah lain seperti The Mercosur, EU, atau NAFTA.
Sementara bagian kedua workshop membahas cross-border isuess dalam kartel, merger, penyalahgunaan posisi dominan serta competition advocacy kepada pemerintah. Hasil akhir dari workshop ini akan menjadi kesepakatan bersama dalam pengembangan koordinasi yang lebih baik atau kerjasama dalam masalah yang terkait dengan persaingan di seluruh wilayah ASEAN. (NF/YB)