The Way Forward

Sesi 7 dalam ASEAN Competition Conference “The Way Forward” disampaikan oleh M. Nawir Messi (Ketua KPPU) dan Willard K. Tom (General Counsel, US-FTC, USA).
Presentasi pertama disampaikan oleh Mr. Williard K. Tom. Dalam pidatonya, Willard K. Tom membagi visinya pada kegiatan-kegiatan utama terkait managemen dari otoritas persaingan usaha yang perlu dilakukan. Pertama, berhubungan dengan pemimpin-pemimpin politik dan publik serta tekanan politis. Kedua, membimbing pegawai dari otoritas persaingan usaha, serta kegita menjalin hubungan baik dengan mitra kerja di seluruh dunia. Dalam hal ini, Mr. Tom memberikan contoh, yaitu  mengenai bagaimana Federal Trade Commission (FTC) mendukung otoritas persaingan yang masih muda.
Presentasi selanjutnya disampaikan oleh Nawir Messi. Pada presentasinya Nawir Messi menekankan pada persyaratan AEC Blueprint untuk mengenalkan kebijakan persaingan usaha pada seluruh negara anggota ASEAN pada tahun 2015 akan menuju pada pendirian seputuh rezim persaingan usaha di dalam ASEAN. Keseimbangan kepentingan di tingkat regional dan nasional perlu diharmonisasikan. Dalam hal ini, AEGC telah menentukan untuk mempunyai sebuah forum, yaitu high-level meeting, yang mana pesertanya adalah para pemimpin dari otoritas persaingan usaha masing-masing negara anggota ASEAN. Forum high-level meeting on competition ini akan menjadi forum rutin setiap tahun (kecuali jika ada isu mendesak yang perlu ditanggapi segera) untuk mendiskusikan isu-isu strategis, isu lintas batas, dan juga isu sektoral, serta kebijakan persaingan usaha regional