KPPU – JICA Seminar: Persaingan Usaha, Efisiensi, dan Produktifitas

KPPU bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), LP3E Universitas Padjadjaran Bandung menyelenggarakan Seminar dengan tajuk Persaingan Usaha, Efisiensi, dan Produktifitas, di Hotel Hilton Bandung pada Kamis (28/2).
Seminar ini bertujuan secara umum untuk memberikan gambaran pengukuran kompetisi pada kinerja sektor industri. Dengan mengukur kompetisi dan kinerja sektor industri diharapkan dapat mengetahui kontribusi positif dari persaingan usaha, serta peran lembaga pengawas persaingan usaha dalam mewujudkan persaingan sehat di industri tersebut dan mengambil langkah terkait dalam menciptakan kontribusi yang optimal terhadap kinerja industri nasional.
Secara khusus seminar diselenggarakan untuk mendiseminasikan hasil kajian yang dilaksanakan dan menggali masukan atas metedologi kajian pengukuran dan hasil yang dicapai.
Seminar dibuka oleh Nawir Messi sebagai Ketua KPPU.  Dalam sambutannya, Nawir menyampaikan bahwa seminar ini merupakan salah satu upaya untuk menjawab kekhawatiran beberapa pihak bahwa persaingan usaha tidak memberikan dampak atau kontribusi terhadap perekonomian.
Dan Nawir Messi berharap diskusi dalam seminar ini akan membawa manfaat dalam perkembangan kebijakan persaingan usaha di Indonesia.
Hal yang dipaparkan dalam seminar ini yang pertama adalah tentang hubungan antara persaingan usaha, efisiensin dan prokdutifitas perspektif jangka panjang.  Beberapa isu yang dimunculkan antara lain meliputi penjelasan tentang perbedaan konteks produktifitas, faktor penentu efisiensi, dan pertumbuhan produktifitas, aspek terkait teknologi dan inovasi, dan dampak persaingan usaha.
Pembahasan hal di atas disampaikan oleh Haryo Aswicahyono Ph.D (CSIS) dan Dr. Supriyadi (Kemenko Perekonomian) dan dimoderatori oleh Taufik Ariyanto (Kepala Biro Pengkajian KPPU).
Dalam sesi 2 yang dipaparkan oleh Dr.  Maman Setiawan (Unpad), Dr. Andi Fahmi,  Rolly R. Purnomo (Bappenas), dan Munrokhim Misanam (komisioner KPPU)  menjelaskan temuan penelitian atas dampak persaingan usaha atas performa sektoral berbagai industri besar di Indonesia . Bukti empiris terkait bagaimana persaingan usaha mempengaruhi efisiensi dan produktifitas di berbagai industri besar.
Seminar ini diikuti oleh berbagai instansi pemerintahan antara lain Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koordinator Perekonomian, Bappenas, Bappeda, BKPM, Disperindag Jabar, Bank Indonesia, dan Universitas Padjajaran. Seminar yang dilanjutkan dengan diskusi hasil penelitian ini ditutup  oleh Munrokhim Misanam, Komisioner KPPU. (YBA)