KPPU Menerima Kunjungan Lembaga Persaingan Turki

Jakarta, (25/04) – KPPU mengadakan dialog dengan Rekabet Kurumu (RK) lembaga Persaingan Turki di Gedung KPPU pada Kamis dan Jumat, 25- 26 April. RK yang diwakili Ebru Ozturk (Senior Expert on Competition) dan Serife Demet KAYA (Competition Expert-Department of Economic Analysis and Research) Menyampaikan terkait kondisi lembaga persaingan di Turki serta proses penanganan kasus persaingan di Turki.
Dialog yang diselenggarakan selama 2 hari ini dibukadengan  menyampaikan kondisi perekonomian  yang terjadi di Turki dan latar belakang dibentuknya lembaga persaingan di Turki, kemudian disampaikan pula Basic competition law, penanganan perkara persaingan, serta penanganan merger dan pengenaan sanksi. Hari kedua akan membahas studi kasus terkait pelanggaran hukum persaingan di Turki.
Dalam pemaparanya KAYA menyampaikan bahwa upaya meminimalisasi terjadinya pelanggaran dalam persaingan usaha, RK mengeluarkan Regulatory Impact Analysis (RIA). RIA ini hampir sama dengan upaya KPPU dalam mengeluarkan saran terkait kebijakan pemerintah. RIA dilakukan sebelum keluarnya sebuah peraturan sehingga dihasilkan peraturan yang pro persaingan sehat. (MKS)