KPPU: Pemerintah Harus Tegas Terhadap Persaingan Ritel

KPPU.GO.ID – Menjamurnya waralaba asing dan lokal di selurh pelosok tanah air menjadi perhatian khusus Fakultas Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UWM). Karena alasan inilah UWM mengadakan seminar Manajemen Retail dengan tema “Regulasi Persaingan Dalam Format Retail Modern” di ruang Auditorium A301 pada Jumat (17/05).
Seminar yang diadakan ini merupakan bagian dari kuliah umum Konsentrasi Manajemen Ritel. Pada kesempatan tersebut, Ketua KPPU M. Nawir Messi hadir sebagai narasumber utama dimana pada kesempatan ini Nawir banyak mengulas mengenai penetapan kerangka regulasi oleh pemerintah yang belum berpihak pada pedagang kecil
“Persoalan menjamurnya ritel modern ini sebenarnya tidak hanya menyangkut zonasi, tapi ini berkaitan banyak hal. Soal kemitraan dan soal kebijakan Pemda juga harus dikaji lagi,” ujar Nawir pada kesempatan tersebut.
Terkait kebijakan, KPPU telah memberikan rekomendasi agar segerda diberikan peraturan yang jelas mengenai kerangka kebijakan yang belum kondusif ini.
“Mengenai usulan undang-undang kepada pemerintah, KPPU tidak mengarahkan agar terjadi sentralisasi untuk ritel tapi lebih menuntut kejelasan, arah ke mana kondisi yang ingin kita ciptakan agar tidak lagi semrawut seperti sekarang akibat kerangka kebijakan belum kondusif dimana hubungan antara retail besar dan kecil memang tidak didesain untuk bersinergi, Maka peraturan secara jelas harus ditetapkan,” ungkap Nawir yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Kepala KPD Surabaya, Dendy Rachmad Sutrisno. (NSA)