KPPU Dukung Upaya TPID Jatim dalam Memperkuat Ketersediaan Bahan Pangan Strategis

KPPU senantiasa berkomitmen untuk mendukung setiap langkah pemerintah dalam rangka membangun ketahanan ekonomi nasional. Salah satunya diwujudkan dengan kehadiran KPD KPPU Surabaya dalam Rapat Koordinasi TPID Provinsi Jawa Timur dengan Tema Sinergitas Memperkuat Ketersediaan Bahan Pangan Strategis pada tanggal 19 November 2013 bertempat di Hotel Majapahit Surabaya.
Hadir dalam acara tersebut adalah perwakilan dari beberapa instansi antara lain Bank Indonesia Kantor Wilayah IV Surabaya, Kadin provinsi Jawa Timur, Perum Bulog Devisi Regional Jawa Timur. Ditreskrim Kepolisian Daerah Jawa Timur, PT PELINDO III Tanjung Perak Surabaya, Direktur PT Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), serta beberapa SKPD di lingkungan Pemprov Jatim
Dalam kesempatan tersebut, disampaikan bentuk Sinergitas Instansi dalam Mengendalikan Komoditas Strategis dengan upaya merangkul pelaku usaha-pelaku usaha di daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah. Pemerintah Daerah juga harus mengerti Pentingnya stabilisasi harga/ pengendalian inflasi, untuk arah kebijakan daerahnya.
Ketersediaan bahan pangan yang ada bukan hanya ketersediaan di produsen tetapi ketersediaan di pasar, apabila ketersediaan di pasar tidak sebanding dengan ketersediaan di produsen sehingga mengakibatkan supply kurang, maka tata niaga perlu dibenahi.
Dalam acara tersebut juga dilakukan Penandatanganan nota kesepahaman pembentukan TPID di masing-masing daerah, oleh perwakilan masing-masing Kabupaten/Kota di Bakorwil.