Ahok : Sikat Habis Tender Curang!

KPPU.go.id – Bertempat di Balai Agung, Jakarta, (16/5), Ketua KPPU M. Nawir Messi menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI yang diwakili Wakil Gubernur Ahok. Kali ini kerjasama fokus pada penangananan tender, termasuk bagaimana percepatan dan peningkatan perekonomian dan infrastruktur di Ibu Kota.
“70 persen perkara yang ditangani KPPU berkutat di persoalan tender. Penghamburan uang negara akibat tender nakal ini sangat luar biasa, bisa mencapai tiga kali lipat dari harga pasar. Diharapkan MoU ini akan jadi tonggak optimisme baru untuk memerangi pelaku usaha nakal yang banyak bertebaran di ibukota, khususnya di lingkungan Pemprov DKI,” ujar Nawir.
Sementara itu Ahok menjelaskan bahwa dirinya sangat membenci perilaku nakal pelaku – pelaku usaha, khususnya soal tender. Ia mengatakan bahwa mental pelaku usaha di ibukota ini sungguh mengesalkan. Dari pengalamannya sebagai pelaku usaha di Belitung, ia tahu betul bagaimana dirinya dicurangi pelaku usaha yang berkongsi dengan pejabat pengadaan di pemerintah daerah.
“KPPU harus ikut penanganan tender di inspektorat DKI ini. Saya bahkan sudah diinstruksikan Pak Sekda untuk membuat aturan tidak boleh ada transaksi kontan di atas 100 juta. Ini salah satu langkah untuk memutus mata rantai curang dalam tender. Di lapangan, selalu saja ada alasan dalam hal transaksi kontan ini. Intinya, saya akan sikat habis tender curang di lingkup DKI,” ujar Ahok.
Sementara itu selepas penandatangan kesepakatan bersama, acara dilanjutkan dengan diskusi tentang Hukum Persaingan Usaha, khususnya dalam penanganan tender. Diskusi dipimpin oleh Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama M. Reza, dengan pembicara Anggota KOmisi KPPU Sukarmi. (nsa)