Hadapi MEA, KPPU Bekali Pelaku Usaha Batam Ilmu Persaingan Usaha Sehat

Batam – Menghadapi Masyarakat Ekonomian Asean (MEA) yang mulai diberlakukan akhir 2015 ini, KPPU Kantor Perwakilan Daerah Batam bekerjasama dengan Deputi Bidang Penegakan Hukum menyelenggarakan Seminar Persaingan Usaha yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam Rahmat Usman beserta sejumlah pelaku usaha bertempat di Hotel Harmoni One Batam, Jumat (14/8).
Bertindak selaku narasumber adalah Komisioner KPPU Sukarmi, dan Kepala Kantor Perwakilan Daerah Batam Lukman Sungkar. Dalam sambutannya, Sukarmi mengungkapkan bahwa kerjasama dengan Kadin diperlukan dalam rangka mewujudkan iklim persaingan usaha yang sehat. ”Kadin mempunyai andil besar sebagai mitra Kami dalam menciptakan persaingan usaha usaha yang sehat, kerjasama ini diperlukan dalam rangka mencapai tujuan kita bersama yaitu untuk kesejahteraan rakyat,” ujarnya.
Sukarmi juga menghimbau pelaku usaha untuk dapat mengemas produk-produknya dengan lebih kompetitif sehingga bisa bersaing dengan produk sejenis dari negara lain. Ia berpesan kepada para pelaku usaha untuk tidak melakukan perjanjian yang dilarang seperti oligopoli dan kartel, melakukan kegiatan yang dilarang seperti persekongkolan serta melakukan penyalahgunaan posisi dominan sebagaimana yang diamantkan oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999. Selain itu Ia juga meminta kepada para pelaku usaha untuk senantiasa berkoorinasi dengan KPPU serta bersaing secara sehat dalam menjalankan usahanya.
”Dipersilahkan Bapak-Bapak Ibu-Ibu yang berada di Batam ini untuk berkoordinasi dengan Tim Kami yang ada di daerah, ini Pak Lukman Sungkar sebagai Kepala KPD Batam dapat dijadikan mitra, sebagai tempat untuk berdiskusi bersama-sama bagaimana Batam dan sekitarnya bisa jauh lebih bagus dalam konteks persaingan usahanya. Saya membayangkan karena ini kan amat dekat dengan Singapura, apa lagi sebentar lagi akhir Desember 2015 ini kita sudah masuk Masyarakat Ekonomi Asean,” kata Sukarmi.
Sementara itu Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Kota Batam Rahmat Usman sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini dan berharap bahwa kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan.
”Sebentar lagi kita memaski Asean Economic Community, kegiatan semacam ini sangat penting, paling tidak setahun empat kali kegiatan ini akan kita lakukan, nanti UMKM bisa kita panggil, Importir besi banyak juga di Batam ini, ada 109 shipyard di Batam, belum lagi teman-teman kita di off shore, jadi ada banyak tugas kita di Batam ini, nanti bisa berkoordinasi dengan teman-teman di Kadin, semoga kerjasama KPPU dan Kadin bisa berlanjut,” ungkap Rahmat.
Kepala Kantor Perwailan Daerah Batam Lukman Sungkar juga menyampaikan bahwa pihaknya akan senantiasa memberikan pembekalan-pembekalan lebih lanjut kepada para pelaku usaha. ”Nanti kita akan lanjutkan pertemuan atau kegiatan seperti ini. Kita akan panggil pelaku usaha membahas kasus-kasus baik yang tengah berjalan maupun  yang akan dihadapi, bisa dalam bentuk FGD atau lain sebagainya. Nanti kegiatan ini akan kita buat lebih spesifik,” jelasnya.