KPPU KPD Balikpapan jalin kerjasama dengan Pemkab Berau

Berau (11/08) – Terkait pengawasan regulasi daerah, KPPU KPD Balikpapan melakukan kunjungan dalam rangka menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Berau. Bupati Berau, H. Makmur HAPK., M.M., menerima kedatangan Kepala KPD Balikpapan, Ahmad Muhari, di kantor Bupati Berau, Tanjung Redep.
H. Makmur HAPK mengucapkan terima kasih atas niat baik KPPU, melalui KPD Balikpapan, untuk memberikan saran dan pertimbangan terhadap kebijakan-kebijakan Pemerintah Daerah Berau yang tidak sejalan dengan UU No. 5/1999. “Sebagai regulator, sebaiknya memang ada yang mengawasi kami, agar kami tidak salah mengeluarkan kebijakan”, terang H. Makmur HAPK.
Dalam era otonomi daerah, daerah diberikan kewenangan yang lebih besar untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri. Tujuannya antara lain adalah untuk lebih mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, memudahkan masyarakat untuk memantau dan mengontrol penggunaan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), menciptakan persaingan yang sehat antar daerah, dan mendorong timbulnya inovasi.
Sejalan dengan kewenangan tersebut, Pemerintah Daerah diharapkan lebih mampu menggali sumber-sumber pemasukan bagi keuangan daerahnya. Dengan memaksimalkan sumber-sumber pendapatan melalui sektor-sektor usaha di berbagai bidang, diharapkan perekenomian daerah semakin membaik dan lapangan pekerjaan terbuka luas. Kondisi inilah dimana peran pemerintah dituntut untuk lebih netral. Kebijakan-kebijakan pemerintah tidak membatasi ruang gerak pelaku usaha, dapat memproteksi kepentingan umum, serta mengedepankan prinsip-prinsip persaingan yang sehat.
Namun, kebijakan pemerintah daerah sebaiknya sejalan dengan UU atau peraturan di atasnya, khususnya terkait perekonomian. Pemerintah harus jeli dan teliti agar kebijakan tidak mengganggu aktivitas pelaku usaha dan sektor perekonomian daerah, agar tidak berdampak pada terjadinya usaha tidak sehat dan pemusatan ekonomi yang dilakukan salah satu pelaku usaha atas jasa atau produksi di daerah.
Pada kunjungan tersebut, Ahmad Muhari juga menjelaskan pentingnya menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah. “ Banyak hal yang dapat dilakukan bersama, salah satunya dengan menumbuhkembangkan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat”, jelas Ahmad Muhari.