Bertemu JK, KPPU Bahas Dugaan Kartel Sapi dan Status Kelembagaan

JAKARTA – Setelah beberapa waktu yang lalu hadir dalam Jakarta International Competition Forum 2015 dan berjanji akan membantu menyelesaikan status kelembagaan KPPU, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu kembali dengan Ketua, Wakil dan Anggota KPPU di Istana Wakil Presiden, Senin, (14/9/2015). Pada pertemuan singkat tersebut, JK berjanji akan segera memanggil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk membahas status kelembagaan KPPU.
Pada kesempatan tersebut, Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, secara resmi Wapres JK menerima laporan atas kinerja yang dilakukan KPPU selama satu tahun terakhir. Syarkawi juga menyampaikan bahwa JK akan segera menyelesaikan status kelembagaan KPPU yang masih belum memperoleh kejelasan.
“Terkait dengan bagaimana rekomendasi kebijakan dengan komoditas pangan. Secara khusus kami berbicara kelangkaan daging yang terjadi satu bulan yang lalu,” kata Syarkawi
Sementara itu, Juru Bicara Wapres JK, Husain Abdullah, mengatakan bahwa pertemuan antara JK dengan segenap anggota KPPU adalah lebih pada laporan KPPU mengenai kartel sapi dan tindak lanjut kelembagaan KPPU.
“Pak JK mendengar lebih banyak, dan itu kan sharing saja masukan. Termasuk tadi KPPU bicara tentang insitusi dan Pak JK menjanjikan akan mem-follow up dengan menyampaikan ke Menpan-RB,” tutur Husain.
Mengenai kartel daging sapi, ungkap Husain, JK tidak memberikan arahan khusus. Apalagi, KPPU akan melakukan sidang perdana kasus dugaan kartel daging sapi. Persidangan tersebut akan melibatkan 32 feedloter, baik asing maupun lokal. Sidang perdana dugaan kartel daging sapi sendiri direncanakan akan digelar pada Selasa, (15/9/2015).