KPPU Kunjungi Harian Tribun Medan

Medan – Rombongan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan kunjungan ke Redaksi Harian Tribun Medan, di Kantor Redaksi Tribu, Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 37, Selasa (15/12).
Tujuan kedatangan KPPU ke media ini dilakukan untuk bersilaturahmi. Dalam topik tersebut dibahas isu-isu persaingan usaha yang saat ini hangat di kota Medan.
Topik yang dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain persoalan tender, infrastruktur, obat sampai dengan persoalan pangan yang saat ini sedang gencar dikerjakan oleh KPPU.
“Sudah cukup lama, kami mengagendakan kunjungan ke media. Tetapi baru kali ini terlaksana. Kami butuh masukan dari masyarakat mengenai apa yang sedang kami kerjakan,” tutur Anggota KPPU, Kamser Lumbanradja.
Kamser Lumbanradja menuturkan bahwa KPD Medan yang saat ini dinahkodai oleh Abdul Hakim Pasaribu merupakan salah satu kantor perwakilan daerah yang menangani perkara persaingan cukup banyak. Kamser sangat berharap kepada Tribun agar memberikan dukungan keberpihakan terhadap penegakan hukum di kota Medan.
“Saya senang sekaligus sedih, kenapa Medan ini kasus-kasus persaingan usahanya masih cukup banyak. Padahal Medan ini termasuk kantor daerah KPPU yang paling lama berdirinya,” tegas Kamser.
Sementara itu Kepala KPD Medan, Abdul Hakim Pasaribu menambahkan bahwa secara informal KPD Medan telah bekerjasama dengan TPID, BI dan Disperindag untuk mengetahui sektor dan bidang apa yang menjadi pencetus inflasi di Sumatera Utara.
Sehingga seharusnya visi pencegahan yang sekarang ini gencar diserukan KPPU sudah seharusnya selaras dengan usia penegakan hukum persaingan di Medan. Justru yang terjadi saat ini adalah kebalikanya, penanganan perkara di Medan lebih tinggi dibandingkan kantor daerah lainnya.
Oleh karena itulah Hakim berharap agar media bisa menjadi mitra strategis untuk mendukung gerakan penegakan hukum persaingan KPPU ini.