KPPU, Lembaga Negara Pertama Pilot Project Cashless System di Indonesia

KPPU, Lembaga Negara Pertama Pilot Project Cashless System di Indonesia

Jakarta (29/8) – KPPU menjadi lembaga negara pertama dalam pilot project implementasi cashless system atau sistem pembayaran tanpa uang tunai, atas prakarsa Kementerian Keuangan. Pilot project ini merupakan tindak lanjut koordinasi dengan Direktorat Pengelolaan Keuangan Negara Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan dengan KPPU, di mana KPPU diberikan virtual account dalam proses belanja di kantor wilayah.

Sistem dengan virtual account ini nantinya akan diimplementasikan di seluruh kantor wilayah di KPPU, untuk digunakan dalam rangka mengetahui arus kas dan keuangan.

“KPPU mendukung program cashless ini di mana pergerakan anggaran dapat dengan mudah diketahui dan dikelola,” kata Sekretaris Jenderal KPPU Charles Pandji Dewanto.

Cashless system ini merupakan rencana prioritas Menteri Keuangan dalam proses kemudahan pengelolaan anggaran belanja negara. Di Indonesia, sistem ini baru diimplementasikan di 2 lembaga pemerintahan / negara yaitu Direktorat Pengelolaan Keuangan Negara dan KPPU. Selanjutnya selama satu tahun ke depan, program ini direncanakan dapat menjadi sarana monitoring dan evaluasi dan diharapkan dapat menjadi project percontohan bagi lembaga negara lainnya.

Secara simbolik, kartu debet kredit dalam virtual account diberikan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank yang bekerja sama dalam cashless system pemerintah kepada Sekretaris Jenderal KPPU, yang juga disaksikan langsung oleh Kementerian Keuangan. (IP)