KPPU Selenggarakan Lokakarya Pengajar Persaingan Usaha

KPPU Selenggarakan Lokakarya Pengajar Persaingan Usaha

Surabaya (8/8) – KPPU selenggarakan Lokakarya Pengayaan Pengayaan Persaingan Usaha bagi Perguruan Tinggi dengan menghadirkan para akademisi di Jawa Timur. Hadir sebagai pembicara pada lokakarya ini adalah Deputi Kajian dan Advokasi KPPU Taufik Ariyanto (dari kiri), Anggota KPPU Afif Hasbullah, dan Akademisi Universitas Brawijaya Sukarmi serta dipandu oleh Staf Ahli Bidang Kelembagaan KPPU Barid Effendi (kedua dari kanan).

Tujuan dari lokakarya ini adalah meningkatkan sinergitas antara KPPU dengan para akademisi di Jawa Timur. Bentuk akhir dari sinergi ini adalah terinternalisasinya nilai-nilai persaingan usaha di tingkat Perguruan Tinggi. Bahkan ke depannya, sinergi tersebut diharapkan dapat membantu Pemerintah untuk menyusun regulasi yang diharmonisasikan dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999.

Saat membuka lokakarya, Afif menyampaikan “KPPU merupakan anak kandung reformasi yang eksistensinya harus mendapat support dari seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan tugas penegakan hukum dalam bidang persaingan usaha, advokasi kebijakan, notifikasi merger dan akuisisi serta pengawasan kemitraan sehingga perlu mendapat dukungan salah satunya dari Perguruan Tinggi yaitu melalui penelitian-penelitian”.

Terkait akademisi, Afif menyampaikan bahwa dosen dan para pengajar di Perguruan Tinggi memiliki peran yang sangat penting bagi keberhasilan program lokakarya ini. KPPU memandang kerja sama dengan akademisi sangat strategis dalam upaya internalisasi pengetahuan persaingan usaha yang sehat di Perguruan Tinggi, serta mendorong akademisi untuk aktif melakukan penelitian, pengkajian, dan pengajaran tentang isu-isu persaingan usaha. Selanjutnya melalui Lokakarya ini diharapkan Perguruan Tinggi mampu menjadi partner bagi KPPU dalam pengembangan hukum persaingan usaha. (RAK/IP)