KPPU Resmikan Kanwil II di Lampung

KPPU Resmikan Kanwil II di Lampung

Jakarta (18/12) – Ketua KPPU Kurnia Toha didampingi Wakil Ketua KPPU Ukay Karyadi serta Anggota KPPU Harry Agustanto, Kodrat Wibowo, dan Yudi Hidayat, serta Sekretaris Jenderal KPPU Charles Pandji Dewanto, membuka dan meresmikan Kantor Wilayah (Kanwil) II KPPU yang beralamat di Jl. Diponegoro, No 40AB Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung. Peresmian Kanwil II ini dihadiri langsung oleh Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaedi beserta jajaran pimpinan di Pemerintah Provinsi Lampung, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Lampung, OJK Perwakilan Lampung, serta Asosiasi Pelaku Usaha di Lampung.

Dalam sambutannya, Kurnia menyampaikan bahwa kehadiran Kanwil II yang merupakan perpanjangan tangan KPPU ini merupakan hasil dari kajian yang mempertimbangkan beberapa hal terutama kondisi geografis serta potensi atas pertumbuhan perekonomian daerah di berbagai sektor. “Keberadaan KPPU diharapkan mampu menstimulus dan mendorong tumbuhnya iklim usaha yang sehat melihat di Provinsi yang merupakan pintu masuk sekaligus penghubung antara pulau Sumatera dan Jawa ini merupakan wilayah masuknya para investor lokal maupun asing,” ujar Kurnia.

Sebagaimana tugas KPPU, maka Kanwil II juga akan mengedepankan pengawasan kemitraan, pencegahan dan advokasi, serta penegakan hukum. Pada fungsi pengawasan kemitraan, Kanwil II akan memantau praktik kemitraan yang dilakukan antara pelaku usaha besar dengan pelaku usaha kecil dan menengah. Sementara dari sisi pencegahan dan advokasi, akan dilakukan harmonisasi regulasi serta sinergi dengan pemerintah maupun akademisi. Di ranah penegakan hukum, yang merupakan bentuk upaya terakhir apabila upaya pencegahan belum berhasil, KPPU melalui Kanwil II membuka pintu bagi yang ingin melaporkan dugaan perilaku persaingan usaha tidak sehat.

Sejalan dengan KPPU, Arinal pun berharap agar KPPU dan Pemprov Lampung dapat menjalin hubungan baik dan saling bersinergi terutama dalam menindak tegas para pengusaha nakal di lampung serta menjalankan tugas dengan baik untuk terus menegakkan persaingan usaha.