Sinergi Kanwil III dan Pemkab. Ciamis Mewujudkan Kemitraan Sehat

Sinergi Kanwil III dan Pemkab. Ciamis Mewujudkan Kemitraan Sehat

Ciamis (20/2) – KPPU Kanwil III Bandung melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis bertempat di Gedung Sekretariat Daerah Pemkab Ciamis. Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Kanwil III Aru Armando dan Asisten II Pemkab. Ciamis Toto Marwoto beserta jajarannya dari Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait.

Diskusi membahas mengenai tugas dan kewenangan KPPU serta peran KPPU melalui Kanwil III untuk meningkatkan perekonomian daerah. Mengemuka dalam diskusi terkait tugas dan kewenangan KPPU terkait dengan Pengawasan Kegiatan Kemitraan. Hal tersebut menjadi topik bahasan mengingat Kabupaten Ciamis merupakan salah satu sentra ayam pedaging terbesar di Indonesia. Namun demikian, menurut Toto, kondisi peternak di Ciamis cukup tertekan. Oleh karena itu, pihak Pemkab. Ciamis berkeinginan untuk menjalin sinergi antara Pemkab dengan Kanwil III. Harapannya, agar dengan kewenangan yang dimiliki, KPPU dapat mendorong iklim persaingan usaha yang sehat di sektor-sektor strategis.

Menanggapi hal itu, Aru menginformasikan jika saat ini sedang berlangsung proses pembentukan Satgas Kemitraan sektor peternakan. Satgas yang dibentuk oleh Kanwil III dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain terdiri dari unsur Kanwil III dan Pemprov, Satgas rencananya akan melibatkan unsur Pemkab dan Pemkot di seluruh wilayah di Jawa Barat.

Rencana pembentukan Satgas ini disambut baik oleh Pemkab Ciamis. Kedepan, Pemkab Ciamis menginginkan agar dapat menjalin sinergi dengan Kanwil III khususnya dalam hal pemberian advokasi kebijakan persaingan untuk peraturan dan/atau kebijakan Pemkab Ciamis yang terkait kegiatan ekonomi, bisnis dan perdagangan.