Webinar Mengupas Aspek Ekonomi dalam Persaingan Usaha

Webinar Mengupas Aspek Ekonomi dalam Persaingan Usaha

Medan (24/9) – KPPU Kanwil I Medan bekerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan Webinar dengan topik “Aspek Ekonomi dalam Persaingan Usaha”. Menjadi pembicara dalam diskusi daring tersebut adalah Komisioner KPPU, Kodrat Wibowo dan Wakil Dekan I FEB Unsyiah, Abd. Jamal dengan dipandu oleh Kepala Kanwil I, Ramli Simanjuntak.

Mengawali acara webinar, Ramli Simanjuntak menerangkan kegiatan webinar ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada akademisi dan mahasiswa khususnya dari FEB Unsyiah akan pentingnya aspek ekonomi dalam merumuskan kebijakan persaingan usaha.

Kodrat Wibowo menjelaskan lebih lanjut bahwa aspek ekonomi dalam persaingan usaha sangat diperlukan untuk suatu kebijakan persaingan dalam mencegah terjadinya market failure. Penyebab Market Failure adalah Ketika ada pelaku usaha yang memiliki Market Power menyalahgunakan posisinya sehingga sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum.

“Persaingan dalam pasar berfungsi sebagai peningkatan kesejahteraan konsumen, memberikan alokasi sumber daya yang lebih baik, melindungi konsumen dan pelaku usaha kecil, dan menjadi insentif untuk inovasi, peningkatan kualitas dan layanan”, ungkap Kodrat.

Abd. Jamal dalam paparannya menekankan pentingnya persaingan ekonomi untuk menciptakan efisiensi dan persaingan tidak sehat dapat menghancurkan sektor-sektor yang lemah serta menciptakan cost bagi kesejahteraan masyarakat.

“Semestinya pemerintah tidak hanya membuat kebijakan-kebijakan mikro dan makro, tetapi juga kebijakan meso untuk meningkatkan persaingan usaha yang sehat, baik secara nasional maupun regional” tutupnya.