Silaturahmi Online Kanwil VI dengan Pimpinan Universitas Muhammadiyah se-Sulawesi

Silaturahmi Online Kanwil VI dengan Pimpinan Universitas Muhammadiyah se-Sulawesi

Pada awal tahun 2021 ini Hilman Pujana, Kepala Kanwil VI KPPU Makassar giat melakukan pertemuan dengan beberapa civitas akademika lingkup Universitas Muhammadiyah yang berada di wilayah kerja Kanwil VI di Makassar yang dilakukan secara online. Hal tersebut sebagai bentuk keseriusan dalam tindak lanjut implementasi kerjasama antara KPPU dengan PP Muhammadiyah.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), Ismail Rasulong dalam sambutannya berkeinginan untuk adanya pendirian pojok persaingan usaha di Fakultas Ekonomi Unismuh Makassar. “Kami siap menyediakan ruangan di fakultas kami” ucapnya. Pojok persaingan usaha ini dinilai strategis bagi perkembangan keilmuan. Diharapkan pojok persaingan usaha dapat dijadikan wadah dalam rangka mendiseminasikan berbagai hal terkait hukum persaingan usaha tidak hanya kepada mahasiswa namun dapat juga bagi para dosen.

Program wujud nyata implementasi kerjasama juga telah dilakukan Universitas Muhammadiyah Palu, dapat dilihat dengan kampus memasukkan mata kuliah persaingan usaha dalam kurikulum pengajaran sejak tahun 2015. Namun tidak menutup kemungkinan dapat dilakukan program lainnya seperti penelitian dan kuliah umum. “Sebab kami berharap agar mahasiswa nantinya dapat melakukan penelitian-penelitian yang sifatnya inovatif dari berbagai macam pembekalan yang telah diberikan sebelumnya, salah satunya dapat diperoleh dari hasil seminar/workshop, magang dan penelitian di KPPU”, kata Rajindra, Rektor Universitas Muhammadiyah Palu.

Sementara itu Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo), melalui Alfris Ara Tilome selaku Wakil Rektor III menyebutkan, “Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada KPPU khususnya Kanwil VI yang telah berinisiatif menjalin silaturahim dan bersinergi dengan kampus”.

Selanjutnya program wujud nyata implementasi kerjasama yang telah dilakukan Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai, yakni telah memasukkan mata kuliah persaingan usaha dalam kurikulum pengajaran. “Kami dari pihak Universitas bersedia membangun kerjasama, bersinergi dan berkolaborasi dengan KPPU”, ucap Sutrino K. Djawa selaku Rektor.

Menanggapi hal tersebut, Hilman Pujana menuturkan, kerjasama yang dilakukan oleh Kanwil VI dengan seluruh Universitas Muhammadiyah di seluruh Sulawesi merupakan wujud kerjasama lingkup wilayah. Adapun kerjasama dengan Universitas dilakukan tidak hanya dalam program magang dan penelitian, namun juga tidak menutup kemungkinan dilakukannya literatur scope riset kajian bersama, maupun keterlibatan sebagai narasumber/ahli yang dapat dilakukan kedua belah pihak, pengajaran bagi mahasiswa maupun dosen pengampu ataupun program pengabdian bagi masyarakat.

“Mengapa materi persaingan usaha sangat menarik untuk diikuti dan dibahas bersama, hal tersebut karena melihat dari dua segi perspektif persaingan usaha yakni dari sisi aspek hukum dan ekonomi”, imbuh Hilman.

Lebih lanjut dikatakan Hilman, dalam mendukung pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangannya, KPPU menjalin kerjasama dengan beberapa stakeholder, salah satu dengan pihak akademisi untuk berkolaborasi bersama dalam menumbuhkan budaya bersaing yang sehat guna mewujudkan ilmu hukum persaingan di Indonesia.