Bersama Satgas Pangan Polda Jatim, Kanwil IV KPPU Awasi Pasokan dan Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok

Bersama Satgas Pangan Polda Jatim, Kanwil IV KPPU Awasi Pasokan dan Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok

Surabaya (12/4) – Dalam rangka menjamin ketersediaan pasokan/stok dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok jelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Tim Satgas Pangan Polda Jawa Timur bersama dengan Kanwil IV KPPU, Dinas Perkebunan Jawa Timur, Dinas Peternakan Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, dan Bulog Perwakilan Jawa Timur, melakukan Pemantauan Bersama di Pasar Wonokromo Kota Surabaya.


Berdasarkan pemantauan, Ditreskrimsus Polda Jawa Timur Kombes Pol. Farman menilai terdapat kenaikan harga di beberapa komoditas pangan, namun rata-rata kebutuhan pokok masih dalam kondisi stabil. “Memang masih ada beberapa komoditas pangan yang naik seperti telur ayam Rp 24 ribu, daging ayam Rp 38 ribu, dan cabe rawit Rp 70 ribu. Namun kenaikan harga komoditas tersebut masih stabil dan terjangkau untuk masyarakat, kedepannya kami akan selalu memantau pergerakan harga pangan,” ungkap Farman.


Mencermati hasil pemantauan ini, Kepala Kanwil IV KPPU Dendy R. Sutrisno menjelaskan bahwa meski belum ada keluhan mengenai pasokan, namun pergerakan harga ini perlu tetap diantisipasi. “Walaupun para pedagang belum mengeluhkan adanya kesulitan untuk memperoleh pasokan bahan pangan, namun KPPU akan tetap fokus untuk melihat ada tidaknya hambatan dalam pasokan mengingat tren kenaikan harga masih tetap terjadi di beberapa komoditas seperti telur, daging ayam, dan cabe rawit ” tutur Dendy.