Pantau Harga Bahan Pokok, Kepala Kanwil VI KPPU Makassar Koordinasi dengan Bupati Pinrang

Pantau Harga Bahan Pokok, Kepala Kanwil VI KPPU Makassar Koordinasi dengan Bupati Pinrang

Pinrang (29/4) – Kepala Kanwil VI, Hilman Pujana bersama H.A. Irwan Hamid, Bupati Pinrang melakukan pengecekan harga beberapa komoditas pangan melalui Media Center bertempat di Kantor Bupati Pinrang. Tampak hadir juga Budaya selaku Sekretaris Daerah dan beberapa Kepala SKPD lainnya yakni Dinas Perdagangan, Dinas Peternakan serta Dinas Ketahanan Pangan. Kegiatan ini merupakan sinergitas dalam melakukan pemantauan harga bahan pokok di daerah khususnya menjelang lebaran Idul Fitri.

“Adapun gejolak kenaikan harga dapat terjadi karena mekanisme pasar dimana ada supply dan demand, itu hal wajar melihat permintaan konsumen yang melonjak pada saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri’’ ujar Hilman. “Dalam hal ini KPPU fokus pada jalur distribusi pangan, apakah ada hambatan pasar atau tidak semisal praktek kartel” imbuhnya. Dijelaskan Hilman, bahwa pelaku usaha dilarang melakukan penetapan harga secara bersama-sama sehingga tercipta kesepakatan harga, dimana hal itu dapat merugikan konsumen karena  hanya ada satu harga dan sebagai konsumen kita tidak ada pilihan.

“Media Center kami gunakan sebagai pusat pelayanan informasi publik dalam penyebarluasan aktivitas pemerintahan kepada masyarakat di Kabupaten Pinrang” kata Irwan. Selanjutnya Irwan juga mengatakan, “Harga bapokting di Pinrang relatif stabil dan kompetitif”. Berdasarkan pantauan dari data media center, hampir seluruh harga komoditas penting seperti daging ayam, daging sapi, telur, cabe, gula pasir, bawang merah, dan bawang putih. “Kami sudah menggunakan sistem aplikasi Segar” tambah Irwan. Aplikasi tersebut merupakan Sistem Informasi Harga Barang dan Jasa dengan mengambil data dari sepuluh pasar yang ada di Pinrang yaitu Cempa, Jampue, Kampung Jaya, Kariango, Langnga, Lepangang, Marawi, Pekkabata, Sentral, dan Teppo. Aplikasi tersebut dirasakan cukup membantu pemerintah daerah dalam melakukan pemantauan harga di beberapa pasar, selain juga melakukan upaya lain misalnya penyelenggaraan pasar murah bagi masyarakat.

“Pemantauan bahan pokok kami harapkan dapat menjadikan sinyal kepada publik bahwa KPPU bersama pemerintah daerah secara bersama-sama fokus dan aktif melakukan pengawasannya, dan diharapkan proses distribusi dan harga di tingkat masyarakat dapat berjalan lancar dan relatif stabil” tegas Hilman.

Pada akhir kesempatan Irwan mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim KPPU yang telah berkenan menjalin silaturahim guna bersinergi bersama Pemda Pinrang dalam mengawal dan mencegah terjadinya praktek persaingan usaha tidak sehat. Bahkan beliau berinisiasi akan melakukan workshop guna pemberian pemahaman kepada pelaku usaha dengan mitranya pada sektor peternakan ayam, mengingat Pinrang merupakan salah satu daerah penghasil daging ayam dan telur terbesar di Sulawesi Selatan.