Pengecekan Lapangan: Pasokan dan Harga Daging Ayam dan Telur di Pinrang Relatif Stabil

Pengecekan Lapangan: Pasokan dan Harga Daging Ayam dan Telur di Pinrang Relatif Stabil

Pinrang (29/4) – Kepala Kanwil VI KPPU Makassar, Hilman Pujana bersama M. Ilyas, Kepala Dinas Peternakan dan Abdu Mallu, Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah daerah Pinrang meninjau langsung kandang ternak ayam pedaging dan petelur di Pinrang. Peninjauan dilakukan di beberapa titik seperti: Kelurahan Maminasae Kecamatan Paleteang dan Desa Malimpung Kecamatan Patampanua. Langkah ini dilakukan sebagai upaya memastikan pengecekan ketersediaan pasokan daging ayam dan telur menjelang Idul Fitri baik untuk kebutuhan di Pinrang maupun beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Hal ini mengingat bahwa Pinrang adalah salah satu sentra penghasil daging ayam dan telur di Sulsel selain Sidrap.

“Berdasarkan pantauan, ketersediaan ayam pedaging dan telur cukup dan diprediksi dapat mencukupi kebutuhan pasokan sampai lebaran nanti, bahkan bisa lebih,” ucap Hilman. Sehingga dapat kami sampaikan bahwa masyarakat sebagai konsumen tidak perlu khawatir dan melakukan panic buying dimana hal itu justru akan dimanfaatkan oleh beberapa pedagang yang tidak bertanggungjawab menaikkan harga yang seharusnya harganya relatif normal justru merangkak naik, padahal kondisi ketersediaan stok aman.

Hal senada juga dituturkan Ilyas, “Pasokan daging ayam dan telur di Pinrang aman.” Adapun jika nantinya terdapat gejolak kenaikan harga dan pasokan tidak ada, kami akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Misal, terjadi praktik penahanan pasokan yang berujung pada naiknya harga komoditas maka kami akan berkoordinasi dengan KPPU,” kata Ilyas.