Sharing Session Strategi Komunikasi Kanwil III dengan Balitbang Kemenhub

Sharing Session Strategi Komunikasi Kanwil III dengan Balitbang Kemenhub

Bandung (23/4) – Memenuhi undangan dari pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) III Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Bandung, Aru Armando memaparkan pengalamannya dalam membangun platform digital sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi untuk publik. Sebagaimana diketahui, Kanwil III KPPU Bandung mempunyai program/sarana sosialisasi kekinian dalam bentuk Podcast yang diberi nama PodCounthre3.

Dalam diskusi yang dilakukan secara daring, pihak Balitbang Kemenhub berencana untuk membuat program serupa seperti yang dimiliki oleh Kanwil III KPPU Bandung. Oleh karenanya, pihak Kemenhub mengundang Kepala Kanwil III untuk sharing session (berbagi pengalaman) sebagai upaya benchmarking.

Dalam awal paparannya, Aru menjelaskan latar belakang serta tujuan Kanwil III KPPU Bandung meluncurkan PodCounthre3. Diawali dari pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19) yang menghantam sehingga pihaknya harus mencari alternatif strategi sosialiasi kepada publik. Podcast sebagai platform sosialiasi dipilih karena berbagai pertimbangan, diantaranya: perubahan gaya hidup masyarakat saat ini yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget, peningkatan jumlah pengguna atau pengakses internet, biaya yang relatif murah serta jangkauan penyiaran yang sangat luas. Dengan adanya Podcast, tutur Aru, pihak KPPU dapat menyampaikan informasi dan edukasi sebagai bagian dari pertanggungjawaban publik KPPU sebagai Lembaga Negara kepada masyarakat.

Dalam diskusi mengemuka mengenai hambatan dan tantangan yang dialami oleh Kanwil III KPPU Bandung dalam membangun platform Podcast.  Selain kendala yang bersifat teknis, hal terpenting adalah mengenai pemahaman dan menentukan ragam strategi hingga tujuan awal pembuatan Podcast dapat terpenuhi.

Dalam sesi diskusi yang diikuti secara antusias tersebut, pihak Balitbang Kemenhub mengapresiasi pencapaian yang diperoleh dalam peluncuran program podcast KPPU Kanwil III Bandung. Senada dengan pihak Kemenhub, Aru juga memuji upaya yang sedang ditempuh oleh pihak Balitbang Kemenhub dan kedepannya siap bersinergi dalam upaya untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada publik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.