Kanwil I Perkuat Kerja Sama dengan Pemprov Kepri

Kanwil I Perkuat Kerja Sama dengan Pemprov Kepri

Batam (14/10) – Kepala KPPU Kantor Wilayah I Ridho Pamungkas mengungkapkan bahwa kerja sama yang telah terjalin antara KPPU dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sudah berjalan dengan baik dan berdampak positif. Oleh karena itu, untuk menciptakan sinergitas pelaksanaan tugas kedua lembaga, perlu dilakukan perpanjangan kerja sama antara KPPU dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan diskusi antara KPPU Kantor Wilayah I dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terkait dengan Perpanjangan Nota Kesepakatan tentang Sinergitas dalam Bidang Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan di Provinsi Kepri yang dihadiri oleh Asisten 2 Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Syamsul Bahrum, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Burhanuddin, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Agusnamarwan, Kepala Biro Hukum Heri Mukhrizal, Kepala Biro Ekonomi Novianto, dan Kepala Biro Pemerintahan M. Darwin, bertempat di Gedung Graha Kepri di Batam pada Kamis siang (14/10).

“Sinergi antara KPPU dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tidak hanya dalam hal internalisasi nilai persaingan usaha namun juga pengawasan pelaksanaan kemitraan antara usaha besar atau menengah dengan usaha mikro kecil sehingga dapat memberikan perlindungan dan mewujudkan UMKM naik kelas,” ujar Ridho.

Menanggapi hal tersebut, Syamsul Bahrum mengharapkan agar kerja sama dengan KPPU dapat segera diimplementasikan demi mewujudkan iklim persaingan bisnis yang sehat di Kepulauan Riau.

Asisten 2 sangat mendukung adanya peran KPPU dalam pengawasan terhadap pengendalian harga di sektor pangan, nantinya Pemprov Kepri akan mengundang KPPU dalam High Level Meeting TPID Provinsi Kepri. Begitu juga dalam pengawasan kemitraan, utamanya di Kepulauan Kepri ini, kemitraan sektor ritel antara peritel modern dengan UMKM.

Selanjutnya, mengenai hal teknis dan detail mengenai rencana kerja dengan KPPU, akan dikoordinasikan dengan OPD terkait yang sengaja dihadirkan dalam diskusi ini dan difinalisasi segera.