Koordinasi KPPU Kanwil III dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Terkait Kegiatan Diseminasi Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan

Koordinasi KPPU Kanwil III dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Terkait Kegiatan Diseminasi Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan

Bandung (25/11) – Kepala Bidang Kajian dan Advokasi KPPU Kanwil III, Shobi Kurnia beserta jajaran melakukan pertemuan dengan Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat untuk melakukan koordinasi terkait dengan kegiatan Diseminasi Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan di Kantor Biro Perekonomian Provinsi Jawa Barat. KPPU Kanwil III diterima oleh Kepala Sub Bagian Industri Perdagangan, Pariwisata, dan Koperasi Usaha Kecil Bidang Sarana Perekonomian, Ponco Widodo beserta jajarannya.

Shobi menjelaskan bahwa Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI akan menyelenggarakan kegiatan penganugerahan KPPU Award 2021 kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi sebagai bagian dari kegiatan Diseminasi Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan dengan mengangkat tema “Persaingan Usaha, Kemitraan, dan Pemulihan Ekonomi”. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring) pada Selasa 14 Desember 2021 di Hotel Pullman Jakarta Pusat.

KPPU Award merupakan apresiasi rutin yang diberikan KPPU kepada Pemerintah yang mendukung KPPU dalam menjalankan UU No. 5 Tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dan dukungan pengawasan pelaksanaan kemiteraan yang diatur dalam UU No 20 Tahun 2008. Penilaian untuk KPPU Award didasari nilai Indeks Persaingan Usaha (Competition Index) yang telah dilakukan oleh Center of Economics and Development Studies, Universitas Padjajaran (CEDS UNPAD) dan pengukuran keterlibatan dengan KPPU berdasarkan koordinasi dan harmonisasi kebijakan yang ada, khususnya pelibatan prinsip persaingan usaha yang sehat dalam kebijakan ekonomi yang diambil serta peningkatan tumbuh kembang pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang dapat bermanfaat dan berdaya guna untuk masyarakat.

“Dengan bangga kami menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat, berdasarkan hasil penilaian merupakan salah satu nomine penerima KPPU Award 2021. Untuk itu, kami mengundang Bapak Gubernur Provinsi Jawa Barat untuk berkenan hadir dalam kegiatan penganugerahan tersebut,” ujar Shobi.

Kepala Sub Bagian Industri Perdagangan, Pariwisata, dan Koperasi Usaha Kecil Bidang Sarana Perekonomian menyampaikan ucapan terima kasih atas dipilihnya Provinsi Jawa Barat sebagai nomine penerima KPPU Award 2021. “Kami akan membantu menyampaikan surat undangan maupun softfile undangan ke Bagian Tata Usaha Gubernur Provinsi Jawa Barat agar dapat menjadwalkan kehadiran Bapak Gubernur dalam acara KPPU Award 2021,” ujar Ponco. (Sandra)