Kunjungan UKM IKM Nusantara ke KPPU Kantor Wilayah I

Kunjungan UKM IKM Nusantara ke KPPU Kantor Wilayah I

Medan (10/2) – Kepala Kantor Wilayah I KPPU Ridho Pamungkas didampingi oleh Kepala Bidang Kajian dan Advokasi Kanwil I, Devi Lucy Y Siadari menerima kunjungan Ketua DPW UKM dan IKM Nusantara Provinsi Sumatera Utara, Binsar M Simatupang. Pada kunjungan tersebut Binsar menyampaikan bahwa terdapat sekitar 1.200-an UKM dan IKM Nusantara mitra binaan yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari usaha kuliner (makanan dan minuman), handycraft (tenun, fashion, rajutan), Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK), dan reseller.

DPW telah mengidentifikasi beberapa kendala para anggota dalam menjalankan usahanya, antara lain birokrasi, pemasaran, dan permodalan. Guna mendukung usaha anggota di bidang kuliner, DPW memfasilitasi dengan membantu pengurusan Penerbitan Izin Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) di Dinas Kesehatan untuk agar produk mereka bisa menembus ritel modern dan juga marketplace. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala teknis yang membuat pelaku UKM sulit untuk masuk ke ritel modern, misalnya untuk produk makanan, jaringan ritel modern mensyarakan agar produk tersebut memiliki masa kadaluarsa yang lama di mana enam bulan sebelum produk kadaluarsa wajib ditarik/diganti dari toka. Padahal umumnya produk UKM tidak menggunakan pengawet sehingga masa kadaluarsa banyak yang tidak sampai 6 bulan. Dalam mendukung pemasaran secara online, saat ini DPW UKM dan IKM Nusantara Provinsi Sumatera Utara telah bekerja sama dengan beberapa marketplace seperti Shopee dan GoTo untuk mendukung pemasaran produk UKM binaannya. Tetapi itu belum cukup, UKM masih butuh banyak saluran untuk mengekspose produk mereka agar dikenal konsumen.

Binsar menyampaikan harapannya kepada perusahaan-perusahaan pelat merah (BUMN) dalam meningkatkan alokasi dana Corporate Social Responsibility-nya (CSR) untuk para pelaku UKM. Menurutnya, hal itu penting dilakukan mengingat UKM sebagai garda terdepan dalam roda perekonomian negara ini memiliki peran yang signifikan.

Kepala KPPU Kantor Wilayah I, Ridho Pamungkas menyampaikan bentuk dukungannya terhadap pemberdayaan UKM di Sumatera Utara. Ke depan pihaknya akan berkolaborasi dengan IKM dan UKM Nusantara Provinsi Sumatera Utara dengan membuat “Pojok UKM” yang berlokasi di KPPU Kantor Wilayah. Harapannya hal tersebut dapat menjadi salah satu media untuk mendukung pemasaran UKM.