Fakultas Hukum USU Sambut Baik Kunjungan KPPU

Fakultas Hukum USU Sambut Baik Kunjungan KPPU

Medan (18/3) – KPPU Kantor Wilayah I melakukan audiensi dan koordinasi dengan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara Dr. Mahmul Siregar, SH., M.Hum. yang didampingi oleh Wakil Dekan III Dr. Mohammad Ekaputra, SH., M.Hum. dan Bagian Humas FH USU dalam rangka memperkuat hubungan kerja sama antara KPPU Kanwil I dengan Fakultas Hukum USU.

Mahmul Siregar menyambut baik kunjungan KPPU Kanwil I di Fakultas Hukum USU mengingat hubungan kerja sama yang sudah terjalin lama antara KPPU dan USU. Saat ini terdapat 2 mandat utama sistem pendidikan yang harus dilaksanakan oleh kampus, yaitu melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Mandat Internalisasi dengan penerapan Indikator Kinerja Utama (IKU). “Kerja sama dengan KPPU harus terus ditingkatkan terutama yang dapat mendukung program Magang Merdeka yang terstruktur dan mendukung tercapainya 8 indikator kinerja utama kampus,” ujarnya. Beberapa kegiatan yang akan difokuskan untuk dilaksanakan diantaranya berupa kegiatan magang, Join Research, perekrutan Dosen Praktisi, Pojok Persaingan dan pelatihan bersertifikat. Dengan kerja sama ini diharapkan mahasiswa tidak lagi mendapatkan pembelajaran yang konvensional, akan tetapi mampu membentuk mahasiwa yang memiliki kompetensi serta kemampuan praktis, tidak hanya mampu secara teori.

Menyambut apa yang disampaikan Mahmul Siregar, Ridho Pamungkas yang juga didampingi oleh Kabid. Kajian dan Advokasi Devi Lucy Y Siadari dan Kabag. Administrasi T. Haris Munandar beserta staf Shobi Kurnia dan Randli Pasaribu menyampaikan kegiatan magang yang selama ini dilaksanakan belum efektif dan masih konvensional. “Ke depan, Kanwil I akan berkonsentrasi pada pengembangan ilmu persaingan usaha kepada mahasiswa dengan melakukan berbagai kegiatan dalam rangka kaderisasi mahasiswa untuk lebih mengenal hukum persaingan dengan baik yang dapat dilakukan secara formal maupun informal seperti workshop dan seminar,” jelasnya. Salah satunya dalam waktu dekat, KPPU akan menggagas acara bekerja sama dengan USU dan KNPI untuk memperingati lahirnya UU No. 5 Tahun 1999 termasuk membentuk Satgas Anti Kartel.

Menanggapi hal tersebut, Mahmul Siregar sangat mendukung kegiatan yang digagas KPPU. Demi kelancaran kegiatan tersebut dan memiliki dampak positif bagi kedua lembaga, diharapkan KPPU untuk segera melakukan MoA dengan Fakultas Hukum USU sebagai tindaklanjut dari MoU antara KPPU dengan USU yang sudah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu. Selain dengan kampus-kampus lokal, KPPU juga dapat menjalin mitra dengan Kemendikti khususnya keterlibatan pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya nasional. “Kegiatan-kegiatan yang memiliki ide-ide kreatif sangat dibutuhkan KPPU dalam memperkenalkan hukum persaingan usaha di kalangan mahasiswa,” tambahnya.

Mengakhiri pertemuan, Ridho menyampaikan rasa terima kasih kepada Fakultas Hukum USU atas sumbangsihnya selama ini dalam implementasi MoU antara KPPU dengan USU. Diharapkan kerja sama akan terus dilakukan dan segera melaksanakan penandatanganan MoA dengan Fakultas Hukum agar kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar dan mendapatkan dampak yang positif bagi kedua belah pihak.