Sinergi KPPU Kanwil I Bersama dengan Kabupaten Batu Bara

Sinergi KPPU Kanwil I Bersama dengan Kabupaten Batu Bara

Batu Bara (1/3) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama Kabupaten Batu Bara menyelenggarakan sosialisasi terkait Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan yang dihadiri OPD di lingkungan Pemkab Batu Bara. Hadir langsung Kepala Kanwil I Ridho Pamungkas dan Asisten III Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Batu Bara Drs. Sahala Nainggolan M.M.

Dalam sambutan pembuka, Bupati Kabupaten Batu Bara yang disampaikan Asisten III Ekbang menyampaikan agar setiap instansi secara maksimal dan proaktif ketika menemukan persaingan usaha yang tidak sehat di lapangan dapat bersinergi dengan KPPU sesuai dengan tupoksi masing-masing.

“Untuk itu, kita perlu mengetahui dan memahami rambu-rambu dan batasan terhadap ketentuan dan peraturan terkait persaingan usaha yang sehat.”

Hal yang mengemuka dalam diskusi yang disampaikan Asisten Ekbang yaitu:

“Apa yang bisa kita lakukan dalam kolaborasi dengan KPPU Kanwil I, apa yang bisa kita lakukan untuk menstabilkan harga, dan apa tindakan kita selanjutnya, ketika harga beberapa komoditas pangan tidak menentu bahkan diatur orang tertentu seperti harga TBS dan pupuk subsidi misalnya, pasokan tidak ada dan bahkan harganya sangat tinggi.” Rekomendasi seperti apa yang bisa diberikan kepada pemerintah daerah”.

Selanjutnya, Ridho Pamungkas menyampaikan, KPPU mendorong pemerintah daerah untuk membuat regulasi yang sejalan dengan persaingan usaha yang sehat, selain proses penegakan hukum, KPPU memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah pusat dan daerah di berbagai sektor. Menjadi tantangan besar bagi KPPU untuk membuat jera para pelaku usaha yang melanggar UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha. “KPPU bertanggung jawab untuk memastikan bahwa segala proses bisnis yang dilakukan pelaku usaha tetap sehat dan kompetitif yang akan memberikan manfaat kepada masyarakat,” tambahnya.

Menutup kegiatan, Asisten III Ekbang menyampaikan bahwa kerja sama dengan KPPU Kanwil I akan tetap kita lanjutkan, kegiatan hari ini memberikan manfaat dan wawasan baru bagi OPD di lingkungan Pemkab Batu Bara yang menjadi bekal untuk meningkatkan iklim usaha yang sehat di Kabupaten Batu Bara.