KPPU Berikan Kuliah Umum di Universitas Bosowa

KPPU Berikan Kuliah Umum di Universitas Bosowa

Makassar (23/5) – Ketua KPPU Ukay Karyadi memberikan Kuliah Umum dengan tema “KPPU di Era Globalisasi dan Ekonomi Digital” di Universitas Bosowa Makassar, hari ini. Kuliah umum juga dihadiri oleh Kepala Kanwil VI KPPU Hilman Pujana dan Rektor Universitas Bosowa Batara Surya dengan peserta mahasiswa Universitas Bosowa.

Rektor Universitas Bosowa menyampaikan dalam sambutannya, ekonomi digital menjadi sesuatu yang dekat dalam keseharian masyarakat saat ini dan menjadi sebuah sektor baru yang menarik untuk dipelajari. “Melalui kegiatan ini diharapkan ada pemikiran baru, ilmu pengetahuan baru yang tentu saja mendorong penelitian lebih mendalam yang bisa dimanfaatkan bersama,” katanya. Dirinya juga menambahkan, dengan kewenangan yang dimiliki KPPU, khususnya terkait kewenangan pemberian sanksi administratif, diharapkan dapat menjadi pemahaman bagi mahasiswa dalam mempelajari peran KPPU dalam perkembangan ekonomi digital tersebut.

Ketua KPPU memaparkan latar belakang lahirnya UU 5/99 dan tugas kewenangan KPPU. Berkaitan dengan ekonomi digital, tantangan persaingan usaha ada pada perubahan paradigma Structure-Conduct-Performance di mana setiap aspeknya saling memengaruhi. Adapun isu persaingan usaha dalam ekonomi digital yang menjadi fokus otoritas persaingan adalah perilaku entry barrier, jual rugi, perjanjian tertutup, dan penyalahgunaan posisi dominan. “Sebagai contoh, masyarakat sudah terbiasa beli pulsa di marketplace, sekarang ini sudah sulit ditemui penjual pulsa di depan gang. Dampaknya sudah dapat dilihat, perilaku pasar digital dapat menggusur pengusaha UMKM,” katanya.

Selain itu, Ketua KPPU juga menyampaikan bahwa saat ini menjadi tantangan bagi kampus untuk dapat mengembangkan keilmuan yang sesuai perkembangan, bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi harus mempelajari regulasi, begitupun mahasiswa Fakultas Hukum harus memahami etika bisnis.