Dampingi Mendag Pantau Harga dan Ketersediaan Bapok, Kanwil III KPPU Dukung Digitalisasi Pasar Rakyat

Dampingi Mendag Pantau Harga dan Ketersediaan Bapok, Kanwil III KPPU Dukung Digitalisasi Pasar Rakyat

Kab. Bandung (25/7) – Kepala Kantor Wilayah III KPPU Lina Rosmiati ikut mendampingi Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan dalam melakukan pemantauan harga dan ketersediaan komoditas pangan di Pasar Baru Cicalengka, Kabupaten Bandung, bersama dengan Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum, Direktur Jenderal dan Staf Khusus Kementerian Perdagangan RI, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat serta Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung. Kegiatan ini merupakan pemantauan dari implementasi program digitalisasi pasar rakyat.

Bagi Kanwil III KPPU, program digitalisasi pasar rakyat akan efektif memangkas alur distribusi/rantai pasok. Jika program ini berkelanjutan dan diterapkan di banyak pasar, maka akan mendorong pasar secara agregat menjadi efisien. Di sisi lain, keuntungan dari program ini adalah harga komoditas pangan transparan bagi pembeli dan penjual (informasi yang sempurna merupakan salah satu ciri pasar yang bersaing), serta memudahkan pemerintah daerah atau instansi yang berkepentingan untuk memantau dan memperoleh harga pangan yang riil, sehingga kebijakan-kebijakan terkait pangan akan tepat.

Kanwil III KPPU mendukung langkah-langkah kebijakan yang telah diambil oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menstabilkan harga komoditas pangan selama tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat. Karena mewujudkan tingkat kecukupan pangan terutama Pangan Pokok dengan harga wajar dan terjangkau untuk masyarakat merupakan salah satu tujuan penyelenggaraan pangan sesuai amanat UU Pangan No. 18 Tahun 2012. (aar)