Perkuat Sinergi, Kanwil I KPPU Temui Sekda Provsu

Perkuat Sinergi, Kanwil I KPPU Temui Sekda Provsu

Medan (24/8) – Kepala Kantor Wilayah I Ridho Pamungkas bersama dengan Kepala Bidang Kajian dan Advokasi serta Kepala Bagian Administrasi melakukan kunjungan silaturahmi ke Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho MT yang didampingi Kepala Biro Perekonomian Dr. Naslindo Sirait SE., MM. bertempat di Kantor Gubernur Sumatera Utara Lt. 9 Medan.

Ridho Pamungkas menyampaikan selamat kepada Arief Sudarto Trinugroho MT yang baru saja dilantik sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 19 Agustus 2022. Ridho optimis kolaborasi dan koordinasi antara KPPU dengan Sekda yang baru akan semakin berkembang ke depannya. Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Provsu selama ini sudah terjalin dengan baik, terbukti dari banyaknya kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan Pemprovsu. Dari tahun 2020-2021 Pemprovsu selalu menerima pernghargaan dari KPPU.

Ridho juga menyampaikan bahwa untuk tahun 2022, KPPU kembali akan memberikan award kepada stakeholder KPPU sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan upaya pemerintah dalam mendorong nilai-nilai persaingan usaha, khususnya melalui kontribusi terbaik terhadap dua peran KPPU.

“Ada tiga variabel utama yang dinilai KPPU award tahun ini untuk Pemerintah Provinsi yakni bagaimana hubungan kerja sama dan penyelenggaraan berbagai diskusi/kegiatan lainnya, Indeks Persaingan Usaha (IPU), dan kebijakan ekonomi yang mendukung dan sejalan dengan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat sebagaimana UU No. 5 Tahun 1999,” tambahnya.

Sekda Provsu mengapresiasi kerjasamanya selama ini dengan KPPU Kanwil I, dikatakan bahwa Pemprovsu akan tetap menempatkan persaingan usaha yang sehat menjadi salah satu hal yang penting di dalam perekonomian di Sumatera Utara.

”Pemprovsu sudah 2 (dua) tahun tetap menerima award dari KPPU. Apresiasi yang diberikan KPPU kepada Pemprovsu adalah bonus atau pengakuan yang diberikan oleh KPPU, namun yang lebih penting dari itu adalah manfaat dari apa yang kita lakukan terasa bagi masyarakat luas,” ujar Arief.

Kepala Biro Perekonomian Provsu juga menyampaikan komitmennya untuk tetap berkolaborasi dengan KPPU Kanwil I dalam membumikan budaya bersaing sehat di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Dalam waktu dekat, Naslindo mengatakan bahwa pihaknya juga akan berkonsultasi dengan KPPU terkait dengan kebutuhan kemitraan UMKM yaitu pemasok ubi jalar dari Toba yang akan bermitra dengan pelaku usaha dari Jawa Barat.