Cegah Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat, KPPU Kanwil I Temui Bupati Kabupaten Samosir

Cegah Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat, KPPU Kanwil I Temui Bupati Kabupaten Samosir

Samosir (20/9) – Kepala Kanwil I Ridho Pamungkas, bersama Kepala Bagian Administrasi T. Haris Munandar dan tim bertemu dengan Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom dalam rangka kegiatan silaturahmi dan advokasi nilai-nilai persaingan usaha sehat dan pelaksanaan pengawasan kemitraan usaha kepada Pemkab Samosir. Dalam acara tersebut hadir juga Sekda Pemkab Samosir, Asisten I dan  seluruh OPD Pemkab Samosir.

Kegiatan advokasi menghadirkan Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Pancasila yang juga Ketua KPPU RI Periode 2007-2013, Dr. Ir. Benny Pasaribu MEc. PhD. sebagai keynote speaker. Dalam paparannya, Benny Pasaribu menekankan bahwa penyerapan anggaran untuk pembangunan di Samosir masih rendah, salah satunya karena permasalahan dalam pengadaan barang dan jasa. Benny menghimbau kepada pokja agar jangan takut melaksanakan tender apalagi membatalkan, sepanjang telah mengikuti aturan yang ada, salah satunya menghindari terjadinya persekongkolan tender. Proses lelang/tender yang gagal akibat adanya perbuatan melanggar hukum menyebabkan pembangunan terkendala dan masyarakat akan terkena dampaknya. Oleh sebab itu perlu pemahaman tentang UU No. 5/1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat serta UU No. 20 Tahun 2088 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Selanjutnya Kepala KPPU Kanwil I Ridho Pamungkas juga menyampaikan materi “Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha tidak Sehat”, dimana salah satunya terkait persaingan yang sehat dalam pengadaan barang dan jasa. Ia menjelaskan bahwa proses tender tidak boleh ada persekongkolan untuk mengatur pemenang tender. KPPU menangani sanggahan apabila sudah ada penetapan pemenang tender. Juga melakukan penegakan hukum administratif sesuai dengan bukti-bukti yang ada.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menegaskan agar seluruh aparatur yang bergerak dalam pengadaan barang dan jasa bekerja sesuai aturan yang berlaku, serta menghindari monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Oleh sebab itu perlu peningkatan pemahaman mengenai peraturan monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Selain itu Bupati Samosir juga mengharapkan optimalisasi produk lokal dalam mendukung usaha lokal serta memperbanyak UMKM masuk e-katalog sebagai upaya mendukung UMKM lokal.