KPPU Kanwil I Jalin Silaturahmi dengan Instansi Vertikal di Sumatera Utara

KPPU Kanwil I Jalin Silaturahmi dengan Instansi Vertikal di Sumatera Utara

Medan (20/3) – Dalam rangka menjalin silaturahmi dan penguatan kerja sama dengan instansi vertikal yang ada di Provinsi Sumatera Utara, KPPU mengundang Kepala Ombudsman RI, Abyadi Siregar, Ketua Komisi Informasi (KI) Sumut, Abdul Harris Nasution dan Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sumut, Farianda Putra Sinik dalam kegiatan Coffee Morning bertajuk “Persaingan Usaha di Dalam Pemberitaan Media” yang diadakan di Kantor KPPU Kanwil I Medan.

Di awal pertemuan, Ridho menjelaskan peran penting KPPU dalam mengawasi persaingan usaha di Indonesia, termasuk keterlibatan KPPU dalam stabilitas harga pasar. Dalam melaksanakan tugas pokoknya ini, KPPU menyadari tidak dapat berdiri sendiri, namun harus berkolaborasi dengan stakeholder lain.

Ridho menyadari bahwa persaingan usaha belum menjadi mainstream isu dari media massa dan publik. Media mempunyai peranan yang cukup besar dalam membentuk opini publik serta perkembangan isu-isu terkait dengan persaingan usaha khususnya di Provinsi Sumatera Utara, selain itu media juga merupakan salah satu upaya edukasi yang cukup efektif untuk mensosialisasikan peran dan fungsi tugas dari KPPU serta UU No. 5 Tahun 1999.

Abyadi Siregar selaku Kepala Ombudsman RI Wilayah Sumatera Utara menyambut baik kegiatan semacam ini. Abyadi berharap dapat dilakukan secara rutin dan bergiliran sehingga semakin mempererat tali silaturahmi di antara instansi vertikal yang ada di Sumatera Utara. Harapan yang sama diamini oleh Ketua Komisi Informasi (KI) Sumut, Abdul Harris Nasution. Abdul mengapresiasi inisasi untuk mengadakan pertemuan rutin dalam format non formal seperti ini.

Sementara Farianda Putra Sinik berharap eksistensi KPPU dapat semakin diperhatikan publik melalui penanganan perkara-perkara besar yang ditangani oleh KPPU Sumatera Utara. Farianda menyatakan media massa siap untuk mendukung langkah KPPU dalam melaksanakan tugas fungsinya.