KPPU Keluarkan Penetapan Bagi PT Pupuk Kalimantan Timur

KPPU Keluarkan Penetapan Bagi PT Pupuk Kalimantan Timur

Jakarta (12/4) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengeluarkan penetapan bagi persetujuan atas program kepatuhan persaingan usaha yang didaftarkan pelaku usaha, sesuai dengan Peraturan KPPU No. 1/2022 tentang Program Kepatuhan Persaingan Usaha. Persetujuan kali ini diberikan kepada PT Pupuk Kalimantan Timur pada tanggal 12 April 2023 melalui Sidang Komisi Perkara No. 02/KPPU-PKP/2023 dengan agenda Pembacaan Penetapan yang dilaksanakan secara daring. Penetapan tersebut berlaku selama 5 (lima) tahun, terhitung mulai tanggal 12 April 2023.

Penetapan bagi program kepatuhan ini merupakan yang kedua kali di tahun 2023. Sebagai informasi, program kepatuhan merupakan rangkaian kegiatan yang menunjukkan upaya kepatuhan terhadap prinsip persaingan usaha sehat, dilaksanakan dan dikembangkan oleh pelaku usaha serta disusun dalam suatu dokumen tertulis dalam bahasa Indonesia. Pelaku usaha melakukan penyusunan program kepatuhan secara mandiri dan mendaftarkannya ke KPPU untuk di evaluasi. Dokumen program kepatuhan yang disampaikan berupa (i) dokumen kode etik; (ii) dokumen panduan kepatuhan; dan (iii) pelaksanaan sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan. Berdasarkan evaluasi, sidang Komisi dapat menyetujui program kepatuhan tersebut dan dituangkan dalam Penetapan Program Kepatuhan.

Berdasarkan Peraturan KPPU No. 1/2022, pelaku usaha yang mendaftarkan program kepatuhan apabila terbukti melanggar UU No. 5/1999, dapat diberikan keringanan atas sanksi denda yang akan dijatuhkan. Sejak dikeluarkannya peraturan tersebut, telah tercatat puluhan pelaku usaha yang mendaftarkan program kepatuhannya ke KPPU. Untuk itu KPPU terus mendorong agar pelaku usaha dapat memanfaatkan fasilitas program kepatuhan tersebut, guna mengurangi risiko bisnis akibat pelanggaran maupun potensi pelanggaran persaingan usaha yang ada.