UNU Yogyakarta bersama KPPU Sepakati Kerja Sama Pengembangan Keilmuan Persaingan Usaha

UNU Yogyakarta bersama KPPU Sepakati Kerja Sama Pengembangan Keilmuan Persaingan Usaha

Jakarta (14/6) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menandatangani Nota Kesepahaman dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta hari ini, 14 Juni 2023 di Kantor KPPU Jakarta. Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Ketua KPPU M. Afif Hasbullah dan Rektor UNU Widya Priyahita Pudjibudojo menandai kerja sama formal yang pertama dijalin oleh kedua belah pihak.

Ketua KPPU dalam sambutannya, menekankan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, KPPU tidak dapat berjalan sendiri. Khususnya dalam internalisasi nilai-nilai persaingan usaha yang sehat pada berbagai lapis masyarakat, dan pengembangan teori hukum dan ekonomi persaingan usaha dari sudut pandang keilmuan. “Nota Kesepahaman tersebut tentunya bertujuan agar langkah KPPU ke depannya didukung pula oleh akademisi yang kompeten dan bersemangat untuk menanamkan budaya bersaing sehat, tidak hanya di lingkungan civitas akademika, tapi juga kepada masyarakat sekitar,” jelasnya.

UNU Yogyakarta merupakan perwakilan dari komunitas Nahdlatul Ulama yang memiliki 500 Perguruan Tinggi yang tersebar di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Rektor UNU Yogyakarta, yang menyatakan Nota Kesepahaman hari ini dapat menjadi pintu bagi kerja sama yang lebih besar dengan komunitas NU di Indonesia, “kerja sama ini membuka pintu kerja sama lebih besar ke depannya,” ucapnya.

Kedua belah pihak berharap Nota Kesepahaman tidak hanya bersifat seremonial. Kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak dapat dilakukan sebagai implementasinya demi pengembangan keilmuan kedua belah pihak.