Upaya Menambah Pilihan Alat Pembayaran untuk Masuk ke Tempat Wisata di DKI Jakarta

Upaya Menambah Pilihan Alat Pembayaran untuk Masuk ke Tempat Wisata di DKI Jakarta

Jakarta (11/7) – Merespon keluhan dari masyarakat terkait alat pembayaran yang digunakan untuk masuk ke tempat wisata di DKI Jakarta, khususnya Museum Kesejarahan Jakarta (MKJ), Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dan Kawasan Monumen Nasional (Monas) yang hanya terbatas pada Kartu Jakcard. Kantor Wilayah III KPPU, hari ini menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh Kemendagri, BPKD Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Unit Pengelola tempat wisata di Provinsi DKI Jakarta, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, dan PT Bank DKI.

FGD ini diselenggarakan sebagai sarana bertukar pikiran dan mencari solusi agar tersedia alat pembayaran lain selain Kartu Jakcard, sehingga pilihan pembayaran bagi konsumen menjadi beragam dan sesuai dengan arah kebijakan sistem pembayaran Bank Indonesia yaitu mengintegrasikan ekonomi dan keuangan digital serta fokus pada peningkatan inklusivitas.

Dari FGD ini diperoleh informasi terbaru bahwasanya sudah tersedia alternatif alat pembayaran lain selain Kartu Jakcard di beberapa tempat wisata, seperti: Museum Bahari dan Taman Margsatwa Ragunan, sedangkan untuk Monas, Bank DKI berkomitmen untuk segera membuka pilihan alat pembayaran lain. Sebagai otoritas persaingan, KPPU menyambut baik komitmen dari Bank DKI dan berharap rencana tersebut agar segera diimplementasikan. (YA)